PELAKSANAAN PROGRAM PRODUK BATIK TULIS KHAS DESA RANDUPITU “Dalam Rangka Pengembangan Usaha Ekonomi Kreatif”

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka menghadapi dan menyikapi kondisi ruang usaha yang semakin sempit , maka demi meningkatkan kualitas hidup warga desa untuk sisi peningkatan kesejahteraan warga sangat dibutuhkan langkah-langkah kreatif inovatif membuka ruang usaha yang dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi kerakyatan yang berbasis desa.

Sesuai konsep dan perencanaan serta schedule pelaksanaan program -program prioritas pemerintah desa Randupitu demi mempercepat proses perkembangan dan kemajuan sektor ekonomi yang tujuan utamanya demi meningkatkan pendapatan per kapita warga desa Randupitu , maka untuk tahun anggaran 2024 Pemdes Randupitu mulai melaksanakan program pemberdayaan tentang ketrampilan untuk produksi batik tulis khas desa Randupitu dengan motif daun randu dan anyaman.

Dan pada hari sabtu tanggal (30-03-2024) s/d hari rabu besok tanggal ( 03-04-2024) Pemdes Randupitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan menyelenggarakan program pemberdayaan Batik Tulis.
Giat tersebut di ikuti 50 orang dari kader PKK dengan pelaksana TP PKK desa Randupitu , dimulai jam 08.00 wib – 12.00 wib sistem bergiliran per kelompok 10 orang selama 5 hari ( pelaksanaan perdana). Dan dilaksanakan di pendopo kantor desa Randupitu.

Pada hari selasa tanggal (02-03-2024) Tim media harian merdeka post melakukan monitor proses pelaksanaan giat dan melihat langsung cara mengerjakan hingga hasil karya dari peserta yang mengikuti program pelatihan membatik tulis dengan hasil perdana shal batik tulis yang lumayan bagus dan layak jual.

Ketika awak media harian merdeka post menemui salah satu pengurus TP PKK desa Randupitu Ibu Samrotul Istijabah (02-04-2024) yang turut serta sebagai peserta untuk meminta komentar, menjelaskan kami pengurus TP PKK desa Randupitu mempunyai program ingin memproduk batik tulis khas desa Randupitu dengan motif daun randu dan anyaman oleh karena itu kami harus menyiapkan ilmunya dulu (ketrampilan) baru membuat karya dan kader PKK yang ikut dalam program batik tulis ini berjumlah 50 orang.Tuturnya !!!.

See also  Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Padang Pendampingan Panen di Poktan Argo Makmur

Untuk proses pembuatannya ya menggambarkan dulu terkait motif yang kita inginkan kemudian chanting yang terakhir baru pewarnaan. Jelasnya !!.

Yang terakhir dasar dan tujuan dari pelaksanaan program ini adalah diharapkan dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi kreatif dan meningkatkan kualitas hidup warga desa Randupitu. Tuturnya!!!.

Setelah itu Tim media harian merdeka post menemui kepala desa Randupitu Bapak Mochammad Fuad (02-04-2024) diruang kantornya untuk meminta tanggapan tentang program pelatihan batik tulis yang telah dilaksanakan tersebut, beliau menjelaskan bahwa untuk tahun anggaran 2024 sesuai visi dan misi ketika mencalonkan diri sebagai kepala desa dulu kami akan fokus untuk pengembangan sektor ekonomi kreatif yang berbasis desa dan termasuk pembangunan infrastruktur rumah kreatif. Tuturnya!!.

Yang kedua lanjutnya kami selaku kepala desa Randupitu akan memfasilitasi semua kebutuhan pelaksanaan program demi menyajikan yang terbaik buat warga desa Randupitu. Jelasnya !!.
( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *