Pentas Seni Dan Keberhasilan Program Karang Taruna Dusun Karang Ploso Desa Ngerong Di Bidang Sosial Budaya

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Sebagai rangkaian acara dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 Gebyar Karnaval Budaya Nusantara yang telah diselenggarakan pada hari minggu (20-08-2023) dari pagi hingga siang dan pada malam harinya menggelar pentas seni dan pembagian bagi pemenang Lomba serta dimeriahkan dengan hiburan OM ARKADE dimana para pemainnya dari warga Karang Ploso sendiri.

Giat Pentas Seni di Sentralkan di RT 03 dusun Karang Ploso desa Ngerong yang dimulai jam 19.00 wib -selesai, sedang para tamu yang hadir diantaranya,Staf Pemerintahan kecamatan Gempol,Kepala desa Ngerong beserta semua perangkat desanya, Babinkamtibmas dan Babinsa, Jajaran BPD Ngerong, Para sesepuh dusun Karang Ploso, Ketua RT/RW se dusun Karang Ploso, seluruh warga dusun Karang Ploso.

Dalam sambutan singkat yang telah disampaikan oleh kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Karang Ploso Yang akrab disapa Gus Firman rasa syukur kepada Allah SWT, ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada warga dusun Karang Ploso, Karang Taruna dan Remas atas segala sumbangsih, partisipasi dan kegotongroyongan yang telah diberikan hingga seluruh rangkaian acara dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 ini dapat terselenggara dengan lancar dan sukses dalam suasana kondusif dengan penuh rasa guyub dan kompak. Tuturnya!!!.

Sedang sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh kepala desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan H Jemmy Sadiman pada intinya merasa bangga kepada warga dusun Karang Ploso dimana setiap menyelenggarakan kegiatan selalu guyub dan kompak,juga menginformasikan bahwa pada tanggal (02-09-2023) Pemdes Ngerong melaksanakan giat peresmian Kantor desa Ngerong yang baru dan akan diresmikan oleh Bapak Bupati kabupaten Pasuruan yang akrab disapa Gus Irsyad dan malam hari ada hiburan Seni tradisional Ludruk. Jelasnya!!!.
Dan selesai memberikan sambutan langsung memberikan apresiasi dana pribadi kepada para ketua RT se dusun Karang Ploso sebagai uang pembinaan.

Dalam pentas seni menampilkan 6 karya tarian dengan rincian 3 tarian kreasi baru yang ditampilkan oleh pelaku seni usia dini, 2 tarian daerah kreasi baru yang ditampilkan oleh pelaku seni yang ditampilkan oleh pelaku seni usia muda dan 1 tarian dari ibu ibu yang semuanya dari warga dusun Karang Ploso.
Dan berdasarkan hasil konfirmasi awak media harian merdeka post dengan salah satu panitia pelaksana(20-08-2023) jam 21.00wib yang menangani kesenian M Syaiful Bahri yang akrab disapa Ipung , menjelaskan bahwa dalam kepengurusan Karang Taruna ARKAP ada seksi Kesenian yang salah satu programnya yang telah berjalan efektif adalah menggali potensi bakat seni yang dimiliki oleh warga dusun Karang Ploso terutama bagi yang usia dini dan usia muda baik kesenian tradisional Islami maupun Seni tari kreasi baru dimana dasar dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan kegiatan yang bersifat positif dan supaya dapat menghindarkan dari giat yang berakibat kemudharatan. Tuturnya!!.

Dari hasil konfirmasi tersebut diatas penulis berpendapat bahwa Ragam tarian yang telah ditampilkan merupakan keberhasilan program sosial budaya yang telah dijalankan oleh Karang Taruna ARKAP selama ini, hal ini dapat ternilai adanya sajian tarian yang ditampilkan terlihat sangat terlatih dan sinergisitas pengurus Karang Taruna ARKAP dengan pengurus dusun dan warga dusun Karang Ploso dan semuanya juga tidak lepas dari pembinaan yang telah diberikan oleh Kawilnya dan kepala desa Ngerong.(Budhi H).