Pemberantasan Sarang Nyamuk, Babinsa Pasirian, Pendampingan Kegiatan Fogging di Wilayah Binaan

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Sebagai upaya meminimalisir berkembangnya nyamuk demam berdarah, Babinsa Pasirian Koramil 0821/08 Pasirian Serka Nanang Dwi Sujarwadi, melaksanakan pendampingan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) Dusun Joho RT 001 RW 001 Desa Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (1/2/2024).

Kegiatan pemberantasan sarang nyamuk tersebut, digelar oleh Dinas kesehatan melalui Puskesmas Pasirian sebagai bentuk antisipasi cara pencegahan dengan melakukan pengasapan/fogging ke sejumlah rumah warga di wilayah binaan.

Dalam kesempatan itu, Serka Nanang menuturkan kegiatan fogging ini dilakukan sebagai pencegahan terhadap penyebaran penyakit demam berdarah ditimbulkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, ditempat yang disinyalir tempat berkembangnya nyamuk.

“Dengan kegiatan ini merupakan upaya kami selaku pembina desa, turut ambil bagian dalam mendampingi Tim dari Puskesmas Pasirian melaksanakan pengasapan/fogging, sebagai langkah antisipasi terhadap tempat berkembangnya sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah,” kata dia.

Di samping fogging, Nanang juga melakukan imbauan agar warga peduli terhadap lingkungan, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dengan langkah 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur barang barang yang tidak berguna.

“Kami berharap kepada warga agar selalu waspada akan bahaya demam berdarah, dan dalam kesempatan ini marilah kita bersama terapkan hidup yang sehat, dengan melakukan kebersihan baik di rumah maupun lingkungan sekitar,” harapnya. (fjr)