Apa Aku Harus Menjauh?

Penulis/Editor : Amatus . Rahakbauw

Arikel399 Views

Dia bukan sekali ini saja kayak begitu tetapi sudah sering kali. Aku harus bagaimana ya redaksi? Apa aku harus menjauh? Tetapi teman dia gengku yang lain bagaimana?

Aku mau menceritakan bukan tentang pacar tetapi tentang teman. Dia adalah teman satu sekolahku, yang bernama/biasanya dipangil dengan sebutan saja yaitu B. Kami satu geng tetapi kelas kami disekolah beda.

Jadi geng kami itu berjumlah sebanyak 5 orang. Aku sangat merasa terganggu dengannya karena dia sering membicarakan hal-hal yang tidak benar.

Contohnya hal yang sepele saja. Kayak misalnya, waktu itu ada teman gengku yang lain mengajak kami meginap dirumahnya tepat pada hari minggu mumpung sebelum puasa.

Nah yang berkata pertama kepadaku yaitu si B ini. Aku bilang sama dia, aku tidak bisa sebab ada acara penting. Acaranya adalah aku mau berziarah ke makam kakek dan nenekku bersama semua keluarga besarku.

Sangat menyebalkannya, dia malah berkata ke temanku yang mengajak kalo saya tidak mau ikut karena acara menginap di rumahnya tidak penting. Kan padahal saya tidak berbicara begitu. Akhirnya teman aku itu sempat marah tetapi sekarag sudah tidak. Cuma kan saya jadinya kesal begitu sama dia saya merasa saya sudah difitnah.

Dia bukan sekali saja kayak begitu tetapi sudah sering kali. Jadi saya merasa harus berbuat apa ya.Apakah saya harus menjauh? Dari teman gengku yang lain atau bagaimana?

Neni,Temanmu yang bernama si B itu sepertinya toxic dalam pertemanan kalian. Kamu pernah dengar, kan, soal toxic friend? Entah apa tujuannya memutarbalikkan kalimat hingga jadi berbeda makna seperti itu, yang jelas, berada di dalam satu geng dengan dia seperti memelihara racun.

Kenali sahabat sejati dengan 8 cara ini
Kenali sahabat sejati dengan 8 cara ini
Toxic friend akan merugikanmu dalam hal-hal kecil yang tak disadari sampai akhirnya jadi hal besar. Tidak mentang-mentang dia kawan satu gengmu lantas kamu biarkan dia berbuat demikian. Khawatirnya, nanti kamu dan yang lain jadi korban fitnahnya dan teradu domba.

Konfrontasi Langsung

Saat kamu menangkap basah dia sedang mengadu domba atau berusaha memutarbalikkan fakta antara satu orang ke orang lainnya, jangan ragu untuk konfrontasi langsung, apalagi kalau kamu tahu kebenarannya. Harus ada yang menghentikan kebiasaan buruk dia. Hal itu bisa jadi tanda bahwa kamu peduli pada pertemanan kalian dan ingin dia jadi teman yang baik.

Kamu juga harus berhati-hati dalam bersikap. Sudah tahu dia suka memelintir omongan orang, baiknya kamu tidak mengatakan hal-hal bersifat penting apalagi rahasia kepadanya. Jangan juga sekali-kali kamu membicarakan teman yang lain saat kalian cuma berduaan saja.

Kalaupun suatu saat kamu merasa perlu menjauh, tak apa jika menurutmu itu baik. Tidak semua pertemanan bisa bertahan. Tapi, selagi yang lain pun mau berusaha menjaga pertemanan kalian, bicarakanlah baik-baik, bersama-sama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *