Pemdes Bulusari Gelar Musrenbangdes Dalam Rangka Penyusunan RKPDes Tahun 2024 Dan Tahun 2025 Bersama Samsul Hidayat

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Musrenbangdes adalah merupakan salah satu giat rutin setiap tahun sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 dan PP nomor 43 tahun 2014.

Terkait perihal tersebut pemdes Bulusari kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan pada hari kamis ( 03-08-2023) menggelar Musrenbangdes dalam rangka penyusunan RKPDes tahun 2024 dan RKPD tahun 2025 dengan tema Peningkatan pelayanan dasar dan Tata kelola pemerintahan desa.

Giat tersebut dilaksanakan di pendopo kantor desa Bulusari dan dimulai jam 09.30 wib – selesai.

Sedang para pihak yang diundang dan hadir pada acara Musrenbangdes Bulusari antara lain, anggota DPRD kabupaten Pasuruan Samsul Hidayat S.Ag, M.Pd.I ketua fraksi partai PKB, Muspika Gempol, kepala desa Bulusari beserta perangkat desanya, Ketua BPD Bulusari beserta anggota,Babinsa dan Babinkamtibmas, koordinasi pendamping desa kecamatan Gempol dan desa, LPM, TP PKK, perwakilan UMKM ( sektor ekonomi)perwakilan pendidikan, perwakilan Posyandu (unsur kesehatan), Perwakilan tokoh masyarakat dan Agama serta perwakilan tokoh pemuda .

Dalam sambutan singkat kepala desa Bulusari Hj Siti Nurhayati telah menyampaikan beberapa hal penting diantaranya pengembangan pasar desa Bulusari, pelatihan membatik dengan ciri khas desa Bulusari Jambu Mente dan kami akan kembangkan program pelatihan lainnya seperti Rias serta lainnya,perlu kami sampaikan kepada bapak ibu yang hadir bahwa program pelatihan batik khas desa Bulusari dapat terealisasi itu berkat rekomendasi dari perusahaan rokok yang ada di Bulusari PT RMS yang sangat bermanfaat untuk warga desa kami.

Untuk program ketahanan pangan,kami akan memanfaatkan lahan TKD termasuk rencana program dari bapak H Samsul Hidayat tentang penanaman tembakau dan peremajaan pohon Jambu Mente.

Yang terakhir kami berharap kepada peserta Musrenbangdes yang hadir dalam mengajukan usulan program hendaknya yang benar-benar super prioritas.Tuturnya !!!.

Dan untuk sambutan singkat dari camat Gempol yang diwakili oleh Tarimin pada intinya bahwa usulan program pada Musrenbangdes Bulusari sebagaimana yang telah disampaikan oleh kepala desa dalam sambutannya menurut pendapat saya,itu sangat tepat sekali artinya bahwa usulan program tidak harus berpaku pada infrastruktur semata tapi juga pemberdayaan masyarakat dan atau peningkatan SDM itu juga sangat penting karena perihal tersebut dapat mempercepat proses pertumbuhan, perkembangan dan kemajuan ekonomi kreatif inovatif yang berbasis desa.Jelasnya!!

Sedang sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh Samsul Hidayat S.Ag, M.Pd.I anggota DPRD kabupaten Pasuruan ketua fraksi partai PKB menyampaikan beberapa hal , untuk melaksanakan pembangunan desa Bulusari tidak cukup bila hanya dibiayai dari dana desa (DD) oleh karenanya harus memahami lebih dahulu mana yang menjadi kewenangan desa, kabupaten, provinsi dan pusat supaya dapat ilmu sumber dananya juga, contoh program bantuan yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten,itu salurannya ada dua bisa lewat Musrenbangdes ini dan lewat Pokir anggota dewan,begitu pula kalau program bantuan yang bersumber dari dana bagi hasil cukai seperti perbaikan jalan hotmik yang mau dikerjakan dari perempatan sampai ke dusun Sangglut ,itu adalah rekomendasi dari perusahaan rokok PT RMS yang ditanda tangani oleh Bu Inggih dan ketua BPD , kalau ada pihak yang menyatakan perusahaan rokok tersebut tidak bercukai ya tidak mungkin pemkab Pasuruan meresponnya ya berarti ngopine ku rang adoh. Ungkapnya !!!.

Yang terakhir karena tahun 2024 adalah tahun politik dan kami mohon doa restu dan dukungan suara supaya kami dapat membantu desa Bulusari dan juga desa lainnya yang ada di wilayah kecamatan Gempol demi memberikan kemaslahatan bersama. Pungkasnya!!!.

(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *