Momentum HUT RI ke-78, Direktur RSUD Sumenep Ajak Tenaga Medis Tingkatkan Pelayanan Kesetahan

Berita, Daerah1326 Views

Harianmerdekapost.Com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, M.Kes mengajak kepada seluruh tenaga medis untuk menjadikan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sebagai kesempatan untuk bersama-sama menyatukan semangat dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Sumenep.

Hal itu disampaikan dr. Erliyati, M.Kes saat ditemui usai Upacara HUT ke-78 RI di halaman kantor Pemkab Sumenep, Kamis, 17 Agustus 2023.

Menurut dia, HUT ke-78 RI bukan sekadar seremonial upacara saja. Bukan pula sebatas ajang mengenang jasa atas perjuangan para pahlawan semata.

Lebih dari itu, HUT ke-78 RI adalah momentum mengambil semangat para pahlawan dan bapak bangsa yang berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan.

“Semangat Kemerdekan RI ini bagi kami yaitu bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat,” Ujarnya.

Direktur RSUD Sumenep yang akrab disapa dokter Erli itu mengatakan, kesehatan adalah hak masyarakat yang harus dipenuhi negara atas kemerdekaan republik ini.

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam konstitusi Pasal 28H ayat (1) UUD1945 yang menyatakan bahwa; setiap orang berhak untuk hidup sejahtera lahir dan bathin, bertempat tinggal dan hidup dilingkungan yang baik dan sehat serta berhak mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Jadi, HUT ke-78 RI ini adalah momentum merdeka untuk sehat bagi seluruh rakyat Indonesia, tak terkecuali warga Kabupaten Sumenep” jelas dokter Erli.

Sebagai hak asasi, setiap warga negara Indonesia berhak untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu.

Untuk memenuhi amanat undang-undang tersebut, Pemerintah Kabupaten Sumenep membuat program layanan kesehatan gratis berupa Universal Coverage Health (UHC).

“Nah, kalau dipahami betul oleh masyarakat, sebenarnya program UHC yang diluncurkan Bapak Bupati Sumenep Achmad Fauzi akhir tahun kemarin itu merupakan amanat undang-undang,” tutur dokter Erli.

See also  Sigap, Babinsa Supiturang Bantu Warga Perbaiki Jalan Akses Penghubung Antar Dusun

Karena itu, pihaknya berharap warga Sumenep benar-benar memanfaatkan keberadaan program UHC dengan baik saat memiliki keluhan kesehatan.

Supaya hak merdeka untuk sehat sebagaimana amanat undang-undang bisa didapatkan dan dipenuhi oleh negara.

“Jadi, sekarang itu tidak ada lagi alasan tidak punya biaya berobat, apalagi menganggap negara atau pemerintah tidak memenuhi hak kesehatan masyarakat,” pungkas dokter Erli. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *