Parade Musik Tong-Tong Juni Bulan Bung Karno Sukses Sedot Ribuan Penonton

Berita, Daerah2573 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Festival musik Tong-tong yang diselenggarakan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Juni Bulan Bung Karno 2023 berhasil menyedot ribuan penonton, Sabtu (10/06/2023).

Pantauan dilokasi, ribuan penonton memadati sepanjang ruas jalan yang menjadi rute parade musik Tong-tong atau yang lebih familiar dengan sebutan Ul Daul.

Ada sebanyak enam grup musik tong-tong terbaik di Sumenep yang tampil dalam rangka merayakan Hari Bung Karno tersebut mulai Lencana kermata, Gong Mania, Putra Sindingpuri, Pangeran Wiraraja, Pangeran Soengenep dan Pornama Alam.

Ketua panitia, Abrari Alzael mengatakan,  festival musik tong-tong dilaksanakan dalam rangka mengingat dan menghormati sosok proklamator bangsa yang telah berjasa bagi Indonesia.

“Kita tidak boleh lupa bahwa dulu di Indonesia ada seorang pahlawan yang bernama Bung Karno yang pada 17 Agustus 1945 membacakan proklamasi dan pada saat itu juga kemerdekaan bangsa dimulai,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, parade musik tong-tong merupaka salah satu festival untuk merayakan bulan Bung Karno.

Menurutnya, pemilihan musik tong-tong dalam memeriahkan bulan Bung Karno merupakan salah satu upaya dalam melestarikan budaya, mengingat musik tong-tong adalah salah satu warisan budaya tak benda yang dimiliki Kabupaten Sumenep.

“Musik tong-tong ini memang harus kita jaga bersama-sama salah satunya adalah konsistensinya, oleh sebab itu pemerintah selalu mengupayakan untuk melaksanakan pagelaran musik tong-tong minimal satu tahun sekali,” (*/Nri)