Jangan Sampai Terlewatkan, Besok Malam 40 Grup Musik Tong-Tong Bakal Meriahkan Bumi Sumekar

Berita, Budaya, Daerah631 Views

Harianmerdekapots.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Festival Musik Tong-Tong se-Madura bakal meriahkan Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep.

Sebanyak 40 grup musik tong-tong akan unjuk kebolehan pada Festival Musik Tong-Tong Madura Open 2023 yang akan di laksanakan pada besok malam, Ahad 14 Oktober 2023.

Dalam Festival Musik Tong-Tong kali ini ada sebanyak 40 grup yang bakal memperebutkan Piala Bergilir Bupati Sumenep dengan total hadiah Rp 75 juta.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, Pemerintah Daerah bakal meriahkan Hari Jadi Ke-754 Kabupaten Sumenep dengan berbagai ragam festival. Salah satunya adalah Festival Musik Tong-Tong Madura Open 2023.

“Kegiatan ini diadakan sebagai rangkaian memeriahkan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep yang telah terprogram pada kegiatan kalender 2023 Pemerintah Kabupaten Sumenep,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, Jumat (13/10/2023).

Dikatakan oleh Bupati, Festival Musik Tong-Tong merupakan acara tahunan di Hari Jadi Sumenep sebagai upaya pelestarian karya budaya. Karena itu, kali ini Pemkab Sumenep kembali menggelar festival musik tradisional tersebut dengan jumlah perserta yang lebih banyak jika dibangdingkan tahun-tahun sebelumnya.

Berdasarkan data panitia, peserta festival musik tong-tong 2023 lebih banyak dibangdingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, karena pada tahun ini jumlah peserta mencapai 40 grup, sedangkan tahun sebelumnya sebanyak 30 grup.

“Peserta festival musik tong-tong 2023 tidak hanya dari Kabupaten Sumenep saja, melainkan berasal dari Kabupaten Pamekasan dan Sampang yang menyemarakkan kegiatannya,” terangnya.

Maka dari itu, Bupati Fauzi berharap, kegiatan tersebut nantinya bisa menyedot pengunjung dari 4 kabupaten di Madura untuk datang ke Sumenep.

“Jadi, mari kita lestarikan budaya dan tradisi yang sangat berharga ini sebagai identitas dan jati diri,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Festival musik tong-tong akan mengambil start di sisi utara areal Taman Potre Koneng (Taman Bunga) Jalan Trunojoyo, Jalan Panglima Sudirman, Jalan KH. Agus Salim dan Finish di perempatan Jalan KH. Agus Salim dan Jalan Kartini. (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *