Buka Lomba Kader Kesehatan Remaja Tingkat SMA/MA, Sekda Gresik Achmad Washil Ajak Pelajar Terapkan PHBS

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Achmad Washil Miftahul Rachman, mengajak pelajar untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Baik di lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. Hal ini disampaikan Sekda Gresik saat membuka lomba kader kesehatan remaja tingkat SMA/MA se-Kabupaten Gresik tahun 2023 di ruang rapat Argo Lengis Kantor Bupati Gresik, Senin (31/07/2023).

“Lomba ini untuk meningkatkan mutu pendidikan, perilaku dan lingkungan yang sehat,” kata Washil.

Dijelaskan, tujuan program UKS/M itu merupakan program pemerintah melalui bidang pendidikan. Yakni untuk menanamkan dan menumbuhkan serta meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi anak usia sekolah dengan menerapkan (PHBS).

“UKS/M juga untuk meningkatkan derajat peserta didik melalui pelaksanaan TRIAS UKS. Lomba ini merupakan komitmen pembinaan tim UKS Kabupaten Gresik sebagai tolak ukur untuk lomba tingkat provinsi hingga nasional,” tuturnya.

Dirinya, berharap UKS ini dapat diimplementasikan tidak hanya di perlombaan saja. Tapi benar-benar tidak dipisahkan di lingkungan pendidikan, keluarga, dan masyarakat dari tingkat atas sampai bawah.

“3 Goal UKS ini harus dilakukan oleh anak muda di Gresik, agar terhindar dari kenakalan remaja, pengaruh buruk narkotika, rokok, alkohol dan obat-obatan berbahaya lainnya,” tandasnya.

Sekda juga berpesan, jadikan lomba kader kesehatan remaja sebagai wahana belajar untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat. Sehingga meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang harmonis dan optimal. Untuk menjadi sumber daya manusia yang berkualitas.

“Bagi yang juara mohon ditularkan kepada adik kelasnya. Serta bersiap mengikuti seleksi tahap berikutnya baik tingkat provinsi maupun nasional,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Khamim, dalam laporannya menyampaikan, lomba kader kesehatan remaja dilakukan 3 tahap. Tahap pertama tingkat SD dan SMP telah dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Juli 2023 di Dinas Pendidikan. Sedangkan untuk tingkat SMA/MA di dilaksanakan pada hari ini di Kantor Pemkab Gresik.

“Perlombaan ini meliputi tes tulis, wawancara terkait UKS, dan nilai gizi. Untuk juara 1 dan 2 akan di seleksi kembali dan bersiap mengikuti lomba di tingkat Provinsi,” katanya.

Kabag Kesra sekaligus Ketua UKS Setda Kabupaten Gresik mengatakan, Usaha Kesehatan Sekolah bertujuan sangat mulia yaitu meningkatkan derajat kesehatan dan membentuk pola hidup sehat dikalangan peserta didik maupun para guru.

“Ini instrument penting dalam menunjang proses belajar dan pembelajaran dalam lingkungan sekolah. Karena tujuan dibentuknya kegiatan ini adalah melahirkan generasi muda yang sehat dan berkualitas, “pungkasnya.

Adapun tim juri yang hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur M. Ardiyanto, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Abd. Rahman Ali, Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik Anik Luthfiyah serta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Gresik Ziadatur Rahma.(dvd/wwn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *