TNI-Polri Kedungjajang Tingkatkan Kemampuan Satgas Keamanan Desa Dalam Mempertahankan Ketertiban Masyarakat

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah desa, TNI-Polri terus mengambil langkah inovatif dengan melaksanakan pembinaan kepada anggota Satgas Keamanan Desa (SKD). di Balai Desa Tempursari, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (29/3/2024),

Danpos Ramil 0821/05 Kedungjajang, Peltu Cahyo Purnomo, bersama Kapolsek Kedungjajang AKP Maryanto turut hadir dalam kegiatan pembinaan kepada 30 anggota SKD yang digelar pemerintah Desa Tempursari.

“Peningkatan mutu dan kualitas terhadap anggota Satgas Keamanan Desa (SKD), pembekalan, dan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan tugas dalam membantu TNI-Polri dan pemerintah wilayah dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah desa,” ungkap Peltu Cahyo Purnomo.

Kegiatan tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan baru kepada anggota SKD, tetapi juga memberikan dorongan moral yang besar dalam menjalankan tugas mereka dengan lebih baik. Melalui pembekalan dan pelatihan yang intensif, diharapkan anggota SKD akan lebih siap dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

Selain pembinaan, kegiatan tersebut juga ditandai dengan pembagian seragam kepada anggota SKD oleh Pemerintah Desa Tempursari. Langkah ini tidak hanya memberikan identitas yang jelas kepada anggota SKD, tetapi juga memperkuat rasa kesatuan dan persatuan di antara mereka.

Kapolsek Kedungjajang AKP Maryanto menambahkan, kegiatan pembinaan yang diberikan tidak hanya sekadar seremonial, tetapi merupakan komitmen nyata dari TNI-Polri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di tingkat desa. Semoga dengan terus dilaksanakannya pembinaan seperti ini, Satgas Keamanan Desa dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga stabilitas dan kedamaian di wilayahnya masing-masing.

“Kerjasama antara TNI-Polri dan masyarakat dalam membina Satgas Keamanan Desa merupakan salah satu bentuk sinergi yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tingkat lokal. Dengan kolaborasi yang baik, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi seluruh warga Desa Tempursari,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *