Stekholder Pronojiwo, Laksanakan Kegiatan Observasi Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Gunung Semeru

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Forkopimcam bersama Jajaran Stakeholder Kecamatan Pronojiwo, melaksanakan kegiatan observasi wilayah terkait Daerah Aliran Sungai (DAS) di Dusun Supiturang dan Dusun Rowobaung Desa Pronojiwo Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (11/1/2024)

Kegiatan gabungan tersebut, dihadiri Danramil 0821/14 Pronojiwo, Kapolsek Pronojiwo, Asperhutani Pronojiwo, Kepala Desa Pronojiwo dan Staf Kecamatan Pronojiwo.

Dalam kesempatan itu, Danramil 0821/14 Pronojiwo Kapten Cpm Dwi Budi Susila mengatakan, bahwa tujuan observasi tersebut dengan pengamatan terhadap daerah aliran sungai gunung Semeru secara cermat secara langsung di lokasi penelitian tersebut berada.

“Tidak menutup kemungkinan, aktivitas hujan dengan intensitas tinggi pada area puncak Gunung Semeru, akan membawa endapan lepas dari jatuhan piroklastik. Aliran piroklastik ini bergerak menuruni lereng dan dikenal sebagai lahar, yang akan mengalir melalui sungai-sungai dengan mengecek kondisi pertemuan aliran DAS, dikhawatirkan menuju pemukiman penduduk,” kata dia.

Ia juga mengatakan, kegiatan tersebut bersama Forkopimcam dan stakeholder Pronojiwo, merupakan langkah dalam rangka mengantisipasi kemungkinan akan terjadi hujan yang berdampak pada aliran bergerak dengan arah baru.

“Selain itu, observasi ini juga termasuk kegiatan pencatatan yang dilakukan secara sistematis tentang semua gejala objek yang diteliti dalam aliran gunung semeru, dengan mengecek adanya penumpukan material di tengah aliran, untuk memastikan kemungkinan gerakan aliran lahar dapat diketahui,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *