Sinergisitas Pemerintah Desa Dan BPD Dalam Rangka Relokasi Dan Mewujudkan Gedung Baru Kantor Baru Desa Ngerong

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Pada hari kamis (27-07-2023)jam – selesai ,awak media harian merdeka post berkunjung ke kantor desa Ngerong yang baru menemui kepala desa H.Jemmy Sadiman untuk wawancara khusus tentang kronologi proses pelaksanaan pembangunan gedung baru kantor desa Ngerong, menjelaskan bahwa kronologi runtutan proses pelaksanaan pembangunan gedung baru kantor desa Ngerong ini pertama pada tahun 2017 adalah proses pembahasan yang beberapa kali kami lakukan diantaranya rapat dengan BPD , rapat dengan BPD dan semua perangkat desa kemudian finalnya kami melaksanakan musyawarah desa dengan mengundang Muspika,BPD beserta anggota,semua perangkat desa dan perwakilan tokoh masyarakat juga Agama dari tiap dusun yang ada di desa Ngerong.

Dan setelah semua mufakat , maka pada tahun 2018 ,kami mulai membangun pondasi. seluas panjang 22m x 24 m.

Yang kedua terkait sumber dananya berasal bantuan dana BKK 3 tahap dari Pemkab Pasuruan dan dari pihak ketiga berupa material kecuali untuk anggaran akses jalan (pavingisasi) bersumber dari dana desa ( DD) .

Sedang dasar dan tujuan dilaksanakannya relokasi kantor desa Ngerong dari kantor yang lama yang berlokasi di dusun Ngerong dan sekarang yang berlokasi di jalan Karang Ploso nomor 4 desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan ini antara lain karena untuk menghindari kebisingan, rawan kecelakaan dan kurang lebih 90 persen warga desa Ngerong bertempat tinggal di sebelah timur jalan raya Surabaya -Malang (timur jalan).

Ketika awak media bertanya tentang progres pelaksanaan pembangunan gedung baru kantor desa Ngerong per hari kamis (27-07-2023) , dijelaskan Gedung baru kantor desa Ngerong yang telah terbangun adalah 2 lantai , untuk lantai 1 digunakan sebagai sentral menjalankan roda pemerintahan desa termasuk untuk melaksanakan ragam pelayanan yang dibutuhkan warga desa Ngerong, pendopo yang akan kami beri nama Pendopo NGGAYUH KAMULYAN yang makna filosofinya adalah Landasan kepala desa beserta perangkat desanya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban utamanya demi meraih kemuliaan dihadapan Allah, Jelasnya!!!.

Sedang untuk lantai 2 ada ruang rapat dan beberapa ruangan untuk lembaga desa.
Untuk kepentingan menjalankan roda pemerintahan desa termasuk peningkatan pelayanan semua fasilitas yang dibutuhkan sudah selesai dikerjakan.

Dan beberapa item pekerjaan yang belum selesai antara lain, pekerjaan atap pendopo,taman depan pendopo dan samping akses jalan menuju kantor desa Ngerong yang baru , pengadaan Sanyo atau sumur bor untuk kebutuhan air menyiram bunga dan lainnya, serta tempat parkir baik untuk roda dua maupun roda empat.

Yang terakhir kantor desa Ngerong yang baru sudah kami tempati sejak kurang lebih 2 minggu yang lalu walau belum selesai 100 persen dan kami akan berupaya maksimal untuk menuntaskannya sebelum masa bakti kami berakhir.
Dan ada satu hal penting yang perlu kami informasikan kepada semua pihak bahwa desa Ngerong sudah ternilai sebagai desa Mandiri dan realisasi pelaksanaan anggaran sebagai desa Mandiri pada tahun anggaran 2024.
Pada prinsipnya kami selaku kepala desa Ngerong yang telah menjabat selama 3 periode, sejak pertama terpilih sebagai kepala desa Ngerong hingga sekarang ini sesuai nawaitu awal ingin menjalankan amanat dengan penuh amanah dan memberikan yang terbaik buat warga desa Ngerong.Tuturnya !!!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *