Babinsa Dampingi Bidan Desa Banyuputih Kidul, Berikan Layanan Kesehatan di Posyandu “Matahari”

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim | Babinsa Banyuputih Kidul Koramil 0821/12 Jatiroto, Serda Yudik mendampingi Bidan Desa, melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bertempat di Posyandu Matahari Dusun Kambengan RT 002 RW 013 Desa Banyuputih Kidul, Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (27/7/2023).

Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan yang dibantu oleh kader-kader PKK, yang ditugaskan membantu untuk melakukan pelayanan kesehatan Balita dan Ibu hamil yang ada di lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Serda Yudik mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak, dapat terpantau secara rutin.

“Tujuan dari pada Posyandu itu sendiri, adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat, dan kami akan terus maksimalkan dan mendukung kegiatan ini, sebagai upaya menurunkan kasus stunting yang ada di wilayah,” kata dia.

Adapun jumlah yang hadir pada kegiatan tersebut, sebanyak 47 Balita, yang nantinya akan mendapatkan makanan tambahan dan pemberian vitamin secara gratis.

Sementara di waktu yang sama Bidan Desa Banyuputih Kidul Isnaini, Amd.Keb mengatakan, bahwa selain kegiatan dilakukan dinas kesehatan dengan melakukan pelayanan kesehatan warga Balita, Ibu Hamil maupun menyusui agar tetap sehat.

“Ada banyak manfaat dari Posyandu, yang belum disadari oleh para ibu. dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya (0-5 tahun) akan terpantau dengan baik, tidak hanya ditimbang dan diukur tinggi badannya, anak-anak akan diberikan asupan makanan bergizi, yang baik untuk pertumbuhan, sehingga pencegahan stunting yang ada di wilayah berjalan sesuai harapan,” pungkasnya. (fjr)

See also  Siswa Berprestasi Tingkat Propinsi Dan Nasional Sekolah Hidayatul Kholil Mengikuti Kegiatan Wisuda/Pelepasan Tahun Ajaran 2022/2023

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *