Pertama Kali Pemkab Mimika Adakan Kontes Ikan Hias Terbesar Se-Papua Tengah

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Sebuah event istimewa untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Mimika, dalam rangka peringatan ulang tahun ke-78 Republik Indonesia (RI) tahun 2023 yakni Mimika Aquaculture Expo dilansir dari mimikakab.go.id,Rabu (9/8/2023) di Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Dinas Perikanan menggandeng penggemar ikan hias di Mimika dan Koperasi Budi Daya Ikan Air Tawar (Kabita) Timika, menggelar pameran dan kontes ikan hias terbesar se-Papua Tengah, bertajuk Mimika Aquaculture Expo, dengan tema “Ikan untuk Mimika Maju”.

Pada ajang Mimika Aquaculture Expo ini, selain ada Mimika Mini Koi Show memperlombakan 3 kelas A,B dan C berhadiah trophy dan uang, juga ada kontes Channa Timika memperebutkan juara 1-3 mendapatkan trophy, sertifikat dan uang pembinaan.

Kemudian ada Goldfish Keeping Contest dengan hadiah uang pembinaan dan sertifikat untuk juara 1-3, serta Mimika Betta Contest memperlombakan regular class dan optional class yang memperebutkan juara umum berhadiah jutaan dan juara 1-3, dengan mendatangkan juri dari Biak dan Makasar.

Kepala Dinas Perikanan Mimika, Antonius Welerubun, S.IP., saat diwawancara di tengah persiapan kegiatan, Selasa (08/08/2023), menjelaskan, kegiatan berlangsung selama dua hari dan direncanakan dibuka oleh Pj. Bupati Mimika.

“Mimika Aquaculture Expo, yang diikuti 26 stand, bertujuan untuk mengembangkan potensi perikanan di Kabupaten Mimika dan meningkatkan pendapatan ekonomi pelaku usaha di bidang budi daya ikan hias,” tuturnya.

Ia menambahkan,” Selain itu juga diadakan lomba memasak berbahan dasar ikan, agar anak gemar makan ikan.”

Lomba memasak berbahan dasar ikan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Mimika dimaksudkan agar meningkatkan angka konsumsi ikan di Mimika, untuk mencegah stunting dan gizi buruk.

“Ada daerah yang masih kurang mengkonsumsi ikan, sehingga perlu lebih merata dalam konsumsi ikan, sebab dapat mencegah stunting dan gizi buruk. Untuk itu perlu variasi dalam mengolah ikan, maka diadakan lomba memasak berbahan dasar ikan,” ungkapnya.

Peserta lomba masak berbahan dasar ikan ada PKK Kabupaten Mimika, PKK Distrik Mimika Baru, PKK Distrik Wania, PKK Distrik Kuala Kencana dan PKK Distrik Kwamki Narama.

Antonius menyatakan pula, sebelumnya penggemar ikan hias sudah pernah melakukan pameran dan kontes dengan biaya sendiri.

“Pada tahun ini, Pemerintah melalui Dinas Perikanan Mimika berusaha mengakomodir hal ini, meski masih banyak kekurangan, terutama biaya, sehingga peserta masih swadaya untuk kegiatan ini. Pemerintah hanya membantu sesuai proposal yang diajukan, yaitu untuk penyelenggaraan pameran dan kontes,” paparnya.

Melihat animo penggemar ikan hias di Mimika, agenda ini direncanakan akan digelar secara rutin setiap tahun.

“Ikan hias hasil budidaya air tawar dari Timika sudah beberapa tahun ini diekspor ke Cina,” sebutnya.

Ia berharap para pelaku usaha dan penggemar ikan hias di Mimika dapat bergabung dalam satu wadah agar bisa terorganisir dengan baik, sebab masih banyak penggemar ikan hias dan pelaku usaha budidaya ikan air tawar di Mimika yang belum bergabung dalam wadah yang saat ini sudah ada.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *