Peran Aktif Babinsa Kalidilem, Giat Pendampingan Posyandu di Wilayah Binaan

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Babinsa Kalidilem Koramil 0821/07 Randuagung Serka Abdul Munib melaksanakan Pendampingan Posyandu bersama kader dan bidan desa di polindes desa Kalidilem di Dusun Krajan RT 005 RW 007 Desa Kalidilem Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (17/11/2023)

Kegiatan tersebut merupakan upayanya melakukan pendampingan, sebagai bentuk memberikan pelayanan kepada warga, yang memiliki balita, ibu menyusui maupun ibu yang sedang hamil, guna mengetahui tumbuh kembang kesehatan secara berkala.

Dalam kesempatan itu, Serka Abdul Munib mengatakan, bahwa sampai dengan saat ini, pihaknya telah memberikan pendampingan terhadap program rutin Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), sebagai upaya mendorong warga untuk rajin memantau perkembangan kesehatan warga di wilayah binaan.

“Kami selalu berkomitmen dan akan terus melakukan sinergi bersama dinas kesehatan dalam mendukung program pemerintah, untuk menangani kasus stunting yang ada di wilayah binaan dapat berjalan sesuai harapan, dengan melibatkan kader posyandu, demi akurasi data perkembangan Balita dapat terpantau,” kata dia.

Dalam Kegiatan Posyandu yang hadir, sebanyak 30 Balita dan 5 ibu hamil yang hadir, di samping mendapatkan pelayanan kesehatan dari tenaga kesehatan, juga diberikan Vitamin dan makanan tambahan bayi secara gratis

Sementara itu, Bidan Desa Kalidilem Nurul Hidayat, A.md. Keb., mengatakan Pemenuhan gizi yang seimbang selama masa Balita atau bahkan sejak anak berada di dalam kandungan penting dilakukan untuk mencegah gangguan tumbuh kembang seperti stunting.

“Untuk mencegah kondisi ini, calon ibu sejak awal kehamilan wajib memberikan asupan gizi yang berkualitas dari kombinasi antara zat besi dan asam folat yang seimbang bagi janinnya. oleh karena itu, dengan datang ke Posyandu, tumbuh kembang Balita dan Ibu hamil dapat terpantau,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *