Pemkab Mimika Prioritaskan Lomba Bagi Pelajar Pada Tahun Depan.

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Melihat animo masyarakat Mimika pada berbagai lomba yang diadakan oleh panitia Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora), mengupayakan ada agenda rutin pelaksanaan berbagai lomba pada tahun depan.

Kepala Disparbudpora Mimika, Jacob Jantje Toisuta, S.E., penyelenggara giat lari maraton berita ini dilansir dari mimikakab.go.id, pada Kamis (10/08/2023), mengaku puas dengan suksesnya lomba tahun ini.

“Puas dengan suksesnya lomba yang diadakan panitia HUT RI. Meski disadari banyak kekurangan, hal ini jadi bahan evaluasi untuk tahun depan lebih baik. Karena sudah beberapa tahun vakum, baru tahun ini ada lagi kegiatan yang melibatkan maayarakat,” ujarnya.

Mengenai adanya keberatan terkait peserta dari luar Mimika ikut berlomba, Kadisparbudpora Mimika saat ditemui di garis finish depan Gedung Eme Neme Yauware, menekankan bahwa maraton ini terbuka untuk umum.

“Maraton ini dalam rangka HUT RI, sehingga terbuka untuk umum dari Sabang sampai Merauke. Ini juga jadi tolak ukur bagi atlet Mimika, bila belum menang, berarti ada yang harus diperbaiki dan diharapkan dapat termotivasi untuk berjuang meraih prestasi yang lebih baik,” tegasnya.

Ia menginginkan lomba seperti ini bisa diagendakan rutin, sehingga dapat memotivasi pelajar dan atlet Mimika untuk terus berlatih.

“Saya lihat anak-anak yang juara adalah atlet atau mantan atlet. Ada dari cabang olahraga berbeda seperti tinju, muay thai, atletik, yang meskipun tidak ada kejuaraan tapi tetap berlatih, sehingga saat ada kejuaraan sudah siap,” ungkapnya.

Antusiasme yang tinggi dari pelajar membuat Kadisparbudpora Mimika berjanji, pemerintah pada tahun depan memprioritaskan adanya lomba bagi pelajar, dengan dukungan para guru di sekolah.

“Pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan guru-guru di sekolah. Diharapkan, bukan hanya pengetahuan belajar bagi anak sekolah meningkat, tapi pembentukan jati diri anak melalui olahraga juga meningkat,” tandasnya.

Kadisparbudpora melanjutkan, sesudah perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, akan ada persiapan penyelenggaraan berbagai lomba menyambut HUT Kabupaten Mimika pada bulan Oktober mendatang.

“Ada 5 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan, yakni dayung, futsal, bola kaki tingkat SMP, basket, voli dan bulutangkis,” terangnya.

Pertandingan tersebut untuk tingkat sekolah, kecuali dayung untuk umum yang akan dilaksanakan di pelabuhan Poumako.

“Kita akan kerjasama dengan setiap organisasi cabor yang bersangkutan. Selama ini setiap perlombaan, kita selalu melibatkan cabor induk organisasi,” pungkasnya.

Ia menambahkan, selain berbagai lomba, juga akan diadakan Festival Budaya menyambut HUT Kabupaten Mimika pada 8 Oktober mendatang.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *