Pembinaan SATLINMAS Desa Kepulungan Dan APEL Siaga dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu Tahun 2024

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Sesuai Ketentuan Permendagri nomor 11 tahun 2023 SATLINMAS sebagaimana yang termaktub pada pasal 1 mempunyai tugas untuk membantu keamanan dan ketertiban di lingkungan desa, pengamanan giat event pemdes, sosial, pilkades dan pemilu tapi sesuai kondisi dan fakta di lapangan nasib SATLINMAS yang ada di tiap desa seperti anak tiri dan kurang mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten/ kota maupun pemerintah desa baik dari sisi Pembinaan, pengoptimalan fungsi dan support sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

Dan berkait dengan perihal tersebut diatas Pemdes Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan untuk tahun anggaran 2024 telah mencanangkan satu program peningkatan keamanan lingkungan dengan mengoptimalkan fungsi SATLINMAS Desa Kepulungan , dengan mengambil momen persiapan Pemilu tanggal 14 – 02 – 2024.

Pemdes Kepulungan pada hari Jum’at tanggal (09 – 02 – 2024) menyelenggarakan giat Pembinaan SATLINMAS Desa dan Gelar Apel Siaga ” Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu tanggal 14-02-2024) di desa Kepulungan.

Giat tersebut dilaksanakan di pendopo kantor desa Kepulungan dan dimulai jam 19.30 wib -selesai sedang untuk Apel Siaga di halaman kantor desa sebelah timur.

Dan yang hadir pada acara tersebut antara lain , Kasi Trantib kecamatan Gempol,Kepala desa Kepulungan beserta Sekdes dan BPD, Babinsa dan Babinkamtibmas dan 60 orang Satlinmas desa Kepulungan.

Dalam sambutan singkat kepala desa Kepulungan Bapak Didik Hartono SH, MH pada prinsipnya bahwa Pemdes Kepulungan dalam meningkatkan pelayanan dasar untuk sisi keamanan lingkungan dan peran desa dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga desa dalam menjalani hidup keseharian,maka memandang perlu untuk memberikan pembinaan dan mengoptimalkan peran Satlinmas desa serta mensupport sarana dan prasarana yang dibutuhkan walau dengan cara bertahap karena tetap harus menyesuaikan kondisi anggaran yang ada pada pemerintah desa, Tuturnya !!.

Sedang sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh kasi Trantib kecamatan Gempol yang akrab disapa Bapak Widi, beliau menyampaikan bahwa untuk pengadaan sarana dan prasarana Satlinmas kami sudah memperjuangkan kepada Pemkab Pasuruan masih belum berhasil oleh karena itu kami selaku kasi Trantib kecamatan Gempol betul -betul mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Kepulungan bapak Didik Hartono SH, MH yang menyelenggarakan pembinaan SATLINMAS Desa ,memberikan seragam kaos Satlinmas dan Apel Siaga ” Dalam Rangka Persiapan Pengamanan Pemilu tanggal 14 -02-2024 , di desa Kepulungan , dan tanpa mengurangi rasa hormat kepada pemdes lainnya bahwa sesuai fakta bahwa baru pemdes Kepulungan yang menyelenggarakan giat program seperti ini. Jelasnya !!.

Pada saat acara usai, Tim media harian merdeka post menemui kepala desa Kepulungan Bapak Didik Hartono SH, MH ( 09-02-2024) jam 21. 30 wib untuk meminta komentar, beliau menjelaskan bahwa untuk meningkatkan pelayanan dasar dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga desa dalam menjalani hidup keseharian,maka peran pemdes memandang perlu untuk mengoptimalkan fungsi SATLINMAS Desa untuk membantu keamanan lingkungan, giat sosial yang berupa event termasuk pengamanan pilkades dan pemilu, oleh karena itu dengan momen pelaksanaan pemilu tahun 2024 kami mulai melakukan pembinaan SATLINMAS Desa dan menyiapkan 60 orang personil untuk membantu pengamanan pelaksanaan pemilu yang ada di desa Kepulungan. Tuturnya!!.(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *