Antisipasi Banjir, Babinsa Mojosari Bersama Warga Kerja Bakti Normalisasi Saluran Irigasi

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Normalisasi adalah untuk mengembalikan fungsi penampung sungai yakni dengan menggali sedimentasi agar sungai menjadi lebih dalam, sehingga aliran air sungai semakin lancar serta sehingga berfungsi juga sebagai pengendali banjir.

Hal tersebut disampaikan Babinsa Mojosari Koramil 0821/19 Sumbersuko Sertu Imam Nawawi, saat bersama warga binaan, melaksanakan kerja bakti rehabilitas dan normalisasi saluran irigasi sepanjang 300 meter, di Dusun Darungan Desa Mojosari Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (4/11/2023)

Dalam kesempatan itu, Sertu Imam Nawawi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya dalam menghadapi musim hujan yang memungkinkan saluran irigasi berakibat banjir.

“Dengan melakukan normalisasi drainase, memang seharusnya dilakukan secara terus menerus di seluruh saluran drainase yang ada, tidak hanya titik-titik tertentu saja sehingga air berjalan dengan semestinya. Dengan demikian saat hujan deras turun, drainase mampu menampung debit air dan menyalurkannya dengan lancar,” kata dia.

Selain itu kata Imam, pihaknya mengimbau kepada masyarakat sekitar, untuk tidak membuang sampah sembarangan. dengan harapan masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan drainase dan lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

“Kami berharap peran serta dan dukungan masyarakat sangat diperlukan, guna menjaga serta melakukan pemeliharaan dan perawatan, sehingga upaya pemeliharan untuk mengembalikan fungsi saluran irigasi menjadi lebih optimal,” harapnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *