Pelatihan dan Pengumuman Pemenang Lomba ASMAN TOGA Di Desa Kepulungan

Berita, Daerah712 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Desa Kepulungan telah melaksanakan salah program kreatif sektor kesehatan yang sangat bernilai maslahat manfaat buat warga desanya yakni ASMAN TOGA ( Asuhan Mandiri Tanaman obat keluarga/herbal) dan pada tanggal (29-08-2023) telah menyelenggarakan lomba antar kelompok ASMAN TOGA Kelo Monci (Kelor, kepolo ,Limunci) Dusun Kabunan, SERKEPIS( Sereh, Kemangi, Jeruk nipis) Dusun Tamanan dan ASEREHE( Asem, Sereh, Jahe).

Dengan menghadirkan juri dari kecamatan Gempol, Ketua PKK kecamatan Gempol, Badan Penyuluh Pertanian kecamatan Gempol dan Bidan desa Kepulungan .
Ragam kriteria penilaian ada 6 item diantaranya, Jumlah tanaman, Kesuburan, Kerapian, Ke indahan TOGA, Sisi Administrasi dan Hasil olahan berupa minuman/makanan .
Sedang untuk hasil penilaian dan pengumuman pemenang akan disampaikan pada pertemuan rutin dan ketika acara pelatihan yang diselenggarakan oleh Pengurus PKK Pokjak 3 desa Kepulungan hari selasa (05-09-2023) .

Pada pertemuan rutin dan pelatihan tertanggal tersebut diatas dihadiri juga oleh ketua Fatayat desa Kepulungan sekaligus sebagai salah satu nara sumber.

Setelah sesi pelatihan dengan beberapa materi yang telah disampaikan dilanjutkan dengan pengalaman lomba ASMAN TOGA dengan rincian hasil, Juara 1 ASMAN TOGA SERKEPIS dengan total nilai 1530 dari dusun Tamanan ,Juara 2 ASMAN TOGA KELI MONCI dengan total nilai 1440 dari Dusun Kabunan dan untuk Juara 3 ASMAN TOGA ASEREHE dengan total nilai 1330 dari dusun Kepulungan 1.
Dan masing-masing pemenang mendapat hadiah uang pembinaan dari pemdes Kepulungan yang disampaikan oleh Nyonya Sekdes Kepulungan Ibu Yulita.

Pada saat acara usai, Tim media harian merdeka post menemui Sekdes Kepulungan yang akrab disapa Gus Udin untuk meminta komentar, menjelaskan kami atas nama Pemdes Kepulungan betul -betul bangga kepada para kadet PKK , posyandu dan warga yang ikut pada tiga kelompok ASMAN TOGA yang ada di wilayah desa Kepulungan, mereka begitu semangat dalam mengikuti tiap kegiatan ASMAN TOGA dan harapan kami semakin banyak warga desa yang mengikuti program ASMAN TOGA ini karena nilai sehat itu sangat mahal dan program sungguh sangat bermaslahat manfaat bagi warga desa Kepulungan untuk meringankan beban biaya kesehatan. Tuturnya!!.( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *