Ma’ruf Menyampaikan,Dialog Itu Membahas Terkait Pendidikan Guru “Ada Dua Hal Yang Dibicarakan Dengan Dewan Gereja.

Harianmerdekapost.com.,Jayapura – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menggelar dialog dengan Persekutuan Gereja-gereja (PGG) Papua, Papua Barat, dan Papua Christian Center (PCC).

Ma’ruf menjelaskan, dialog itu membahas terkait pendidikan guru.
“Nah, ada dua hal yang dibicarakan dengan dewan gereja.

Pertama ,itu soal pendidikan guru ya di mana dewan gereja boleh, dibolehkan untuk menyelenggarakan lembaga keagamaan itu pendidikan guru dan itu sudah direspons oleh Kementerian Pendidikan dan dibolehkan dengan aturan-aturan yang telah diberikan.

Jadi usulannya sudah direspons,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan di Stadion Papua Bangkit, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Rabu (11/10/2023).

Ma’ruf mengatakan usulan pembangunan Papua Christian Center (PCC) juga dibahas dalam dialog tersebut. Dia mengatakan anggaran pembangunan PCC sudah disiapkan dan tinggal menunggu lahan yang akan digunakan.

“Yang kedua usulan untuk pembangunan Papua Christian Center, PCC, itu sudah direspons untuk anggarannya sudah tersedia di PUPR tinggal mengeksekusi, tinggal lagi, lahan yang harus disediakan untuk pembangunan itu yang tadinya memang diharapkan untuk disiapkan oleh daerah.

Daerah menyiapkan lahan, anggaran untuk pembangunannya sudah siap, artinya sudah masuk sudah tersedia. Jadi mungkin persoalan terakhir itu soal penyiapan lahan itu yang sedang kita bicarakan,” tuturnya.

Sebelumnya, Ma’ruf berdialog dengan Persekutuan Gereja-Gereja (PGG) Papua, PGG Papua Barat, dan Papua Christian Center (PCC). Dialog itu digelar di Suni Hotel and Convention Abepura.

Pantauan Harianmerdekapost.com di lokasi, Rabu (11/10), pukul 10.10 WIT, Ma’ruf Amin menerima kunjungan dari Persekutuan Gereja-Gereja (PGG) Papua, PGG Papua Barat, dan Papua Christian Center (PCC). Pertemuan berlangsung tertutup.

Ma’ruf Amin tampak didampingi Pj Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo. Awak media hanya diperbolehkan mengambil gambar dan sambutan Ma’ruf Amin di awal pertemuan.

Peserta dialog itu di antaranya Ketua Umum PGGP Pdt Hiskia Rollo, Ketua 1 PGGP/Uskup Jayapura Uskup Yunuarius You, Ketua 2 PGGP Pdt Maury, Ketua 3 PGGP Pdt Lipiyus Biniluk, Sekretaris Umum PGGP Pdt Kornelius Sutriyono, Wakil Sekretaris PGGB Pdt Mathan AryoBaba, Pengurus PGGP Papua Barat Pdt Markus R Molle dan Ev Seblum Mandaca. Kemudian, Ketua 1 PCC Ps Konstantinus Bahang, Sekretaris 3 PCC Pdt Daniel Syafaat Siahaan, Wakil Ketua 2 PCC Pdt Tandi Frederik Randa, Sekretaris Pengawas PCC Moses Yomungga, dan Bendahara Umum PCC Anike Fonataba (Amatus Rahakbauw/K).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *