Hadiri Haul Pendiri Ponpes Al Karimi, Bu Min Sampaikan Pentingnya Meneladani Sifat Para Pendahulu

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Wakil Bupati Gresik Hj. Aminatun Habibah, menghadiri Haul ke-131 Almarhum Almaghfurlah KH. Abdul Karim, pendiri Pondok Pesantren Al Karimi, Tebuwung, Kecamatan Dukun, Senin (03/07). Dalam agenda tersebut, Wabup menyampaikan bahwa haul ini, dapat menjadi media meneladani akhlak para pendahulu dalam membangun benteng agama di masyarakat.

Pasuruan ads

“Melalui haul ini, kita akan dapat meneladani sifat para ulama dan guru-guru kita terdahulu. Agar nantinya dapat bermanfaat dalam bermasyarakat terutama dalam beragama.” ujar wabup yang hangat disapa Bu Min itu.

Perlu diketahui, Ponpes Al Karimi di Tebuwung ini telah berumur 131 tahun. Hal ini membuat Ponpes Al Karimi mendapatkan penghargaan dari PBNU karena telah melampaui umur NU yang saat ini berusia 1 abad.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Pondok Pesantren Al Karimi yang konsisten membantu Pemkab Gresik dalam mendidik putra putri kita semua.” ucapnya.

Disamping itu, Bu Min juga menyampaikan terkait realisasi program Pemkab Gresik dalam mensejahterakan masyarakat. Mulai dari bidang kesehatan hingga peningkatan infrastruktur.

“Saat ini kami di Pemkab Gresik sedang mengerjakan banyak hal. Diantaranya adalah program Universal Health Coverage (UHC) untuk berobat gratis dan peningkatan infrastruktur jalan yang insyaallah tahun 2024 ini akan banyak titik jalan yang kita tuntaskan.” ujarnya.

Menurut Bu Min, di tahun 2023 ini progres infrastruktur telah berjalan sampai 70%. 30% sisanya akan dilunasi di tahun 2024 mendatang.

Disisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yang diwakili Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo, menyampaikan gagasannya dalam peringatan haul ini menurutnya, Melalui peringatan haul ini, dapat meningkatkan tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah para kyai, ulama, pengurus, dan santri Ponpes Al Karimi.

Sehingga, para santri diharapkan dapat membangkitkan semangat dalam menjunjung tinggi rasa nasionalisme bangsa Indonesia.

“Maka kita khususnya para santri perlu mengambil bagian dan memberikan kontribusi kepada bangsa sesuai kemampuan yang dimiliki.” kata Agung Subagyo mewakili Gubernur Jatim.

Terlihat banyak tokoh agama dan masyarakat yang juga hadir dalam haul kali ini. Diantaranya, Habib Umar Muthohar dari Semarang, KH. Muhammad Yusuf Chudlori dari Magelang, Ketua PWNU Jatim KH. Marzuqi Musta’mar, Ketua LP. Ma’arif NU Gresik H. Muhammad Mujib, Camat Dukun Gunawan P. Atmaja, dan Pengasuh Ponpes Al Karimi KH. Abdul Muhshi. (tlh/wwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *