Gebyar! Karnaval Budaya Nusantara Termegah Se Kabupaten Pasuruan Oleh Warga Dusun Karang Ploso Desa Ngerong

Berita, Daerah, Peristiwa5957 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Indonesia terkenal sebagai negara maritim yang terdiri dari beberapa pulau dan kepulauan serta ragam suku juga telah berdiri banyak kerajaan.

Dan pada saat hari proklamasi kemerdekaan 17 -08-1945 , Indonesia memproklamirkan diri sebagai Negara kesatuan Republik Indonesia.
Suatu Negara yang besar adalah yang mau mengingat dan memahami Sejarah perjalanan bangsa.

Berkait perihal tersebut diatas dan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI Ke 78 , pada hari minggu ( 20-08-2023) warga dusun Karang Ploso desa Ngerong kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan menyelenggarakan gebyar karnaval Budaya Nusantara dengan mengusung tema Bhineka Tunggal Ika (Kebhinekaan).
Start giat karnaval di sentralkan di area halaman kantor desa Ngerong yang baru dan dimulai jam 08.00wib-selesai dengan finish di RT 03 dusun Karang Ploso yang sudah disiapkan panggung untuk pembagian hadiah door prize dan hiburan bagi para peserta karnaval .
Giat tersebut di ikuti oleh semua elemen warga dusun Karang Ploso RT 01,02,03 dan 04.

Menurut hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post bahwa pelaksanaan gebyar! Karnaval Budaya Nusantara yang telah diselenggarakan oleh Dusun Karang Rejo yang mempunyai 4 RT sesuai fakta di lapangan untuk ukuran dusun , menurut hemat penulis termegah se kabupaten Pasuruan dengan beberapa dasar diantaranya bernilai edukasi terutama bagi generasi muda penerus bangsa tentang nenek moyang bangsa ini, dapat memberikan pencerahan tentang sejarah perjalanan bangsa dan menambah pengetahuan tentang adanya kerajaan Sriwijaya, Singosari, Majapahit dan Demak serta memberikan pemahaman secara utuh tentang makna satu kalimat Bhinneka Tunggal Ika(Kebhinekaan), dan yang paling menonjol dan sangat membanggakan adalah antusias warga dusun Karang Ploso di 4 RT tersebut terlihat sangat semangat sekali dalam mengikuti acara karnaval tersebut dari yang usia dini sampai pada yang usia lansia.
Dan giat tersebut terlaksana dengan lancar, sukses, kondusif dan penuh rasa guyub antar peserta serta kebahagiaan.

Ketika acara usai tim media harian merdeka post menemui kepala pelaksana teknis kewilayahan dusun Karang Ploso desa Ngerong yang akrab disapa Gus Firman (20-08-2023) Jam 13.45 wib untuk meminta komentar, menjelaskan bahwa dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 dusun kami menyelenggarakan gebyar karnaval Budaya Nusantara dengan tema Bhineka tunggal Ika (Kebhinekaan) dasar dan tujuan utamanya adalah untuk memberikan pencerahan kepada kita bersama atas cikal bakal atau sejarah Negara ini menjadi Negara kesatuan Republik Indonesia, supaya mau mengingat dan memahami sejarah perjalanan bangsa ini. Tuturnya!!.

Yang terakhir lanjutnya ,kami mengambil Tema Bhineka Tunggal Ika (Kebhinekaan) sebagai dasar pijak dan atau landasan untuk meningkatkan rasa guyub, rukun dan sikap gotong royong antar warga dusun Karang Ploso tanpa memandang latarbelakang dan strata sosial. Jelasnya !!.
(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *