DKPP Sumenep Borong Tiga Penghargaan Sekaligus

Berita, Daerah436 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Sumenep berhasil memborong tiga penghargaan sekaligus di tingkat Provinsi Jatim, Rabu (15/11/2023) malam.

Penghargaan tersebut diberikan bersamaan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia ke-43 Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Surabaya.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa secara langsung menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dan Ketua TP PKK Nia Kurnia Fauzi.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung inovasi pertanian dan ketahanan pangan di kabupaten Sumenep.

“Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras kita bersama. Terutama peran serta para petani yang ikut berusaha bersama pemerintah untuk berinovasi mewujudkan ketahanan pangan,” tutur Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Nia Kurnia Fauzi Wongsojudo juga mengucapkan terimakasih kepada sumua pihak.

Menurutnya, keberhasilan meraih juara ketiga dalam lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman, merupakan hasil dari gorong-royong semua elemen.

“Melalui hasil jerih dan inovasi, alhamdulilah Sumenep meraih juara ketiga dalam lomba cipta menu B2SA Provinsi Jawa Timur,” terangnya.

Dikatakan oleh Ibu Nia, lomba cipta menu non terigu dan non beras tersebut bukan gelaran seremonial biasa. Sebab menjadi upaya untuk memenuhi kebutuhan pangan di tengah tingginya harga beras. Sehingga dapat mengganti substitusi bahan pokok, dari beras beralih ke bahan pangan lain.

“Tentu ini bukan lomba seremonial biasa. Kegiatan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pangan saat harga beras tinggi,” jelas Nia Kurnia Fauzi Wongsojudo.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Sumenep Arif Firmanto mengatakan bahwa usahanya dalam memasifkan pemanfaatan lahan marginal merupakan salah satu upaya dalam memberikan kesejahteraan kepada petani.

“Anugerah yang diraih Sumenep saat ini menjadi bukti kepedulian pemerintah terhadap kalangan petani. Pemanfaatan lahan marginal menjadi bagian dari kerja-kerja efektif demi mewujudkan kesejahteraan para petani,” papar kadis yang sangat peduli terhadap petani di ujung timur pulau Garam Madura ini.

Untuk diketahui, tiga penghargaan yang berhasil diraih Kabupaten Sumenep, yaitu Award Peduli Ketahanan Pangan 2023 Kategori Pemanfaatan Lahan Marginal; Stand Terbaik Kategori Estetika 2023; dan Juara III Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA). (*/Nri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *