Babinsa Randuagung dan Puskeswan Klakah Lakukan Pengecekan Kesehatan Hewan Ternak untuk Mendukung Peternakan Berkualitas

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dalam rangka menjaga kesehatan hewan ternak serta mendukung kelangsungan peternakan lokal, Babinsa Randuagung Serda Mista Kusnadi dari Koramil 0821/07 Randuagung bersama dengan Drh. Eka Widiana Putra dari Puskeswan Klakah, melakukan pengecekan kesehatan terhadap 14 ekor sapi di Dusun Klompangan RT 013 RW 006 Desa Randuagung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (22/3/2024).

Kegiatan tersebut merupakan kolaborasi sinergis antara TNI (melalui Babinsa), pemerintah daerah, dan petugas kesehatan hewan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup peternak serta memastikan produk peternakan yang dihasilkan tetap berkualitas.

“TNI dan Puskeswan Klakah berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada masyarakat peternak dalam menjaga kesehatan hewan ternak mereka. Melalui pengecekan rutin ini, kami berharap dapat mencegah penyakit dan memastikan kesejahteraan hewan ternak serta peternak,” ungkap Serda Mista Kusnadi.

Langkah proaktif tersebut juga diharapkan dapat menjadi teladan bagi masyarakat peternak di seluruh wilayah, dan menegaskan pentingnya peran aktif dalam merawat kesehatan hewan ternak untuk menjaga keberlanjutan peternakan.

Sementara itu, Drh. Eka Widiana Putra menerangkan, bahwa pengecekan kesehatan hewan ternak secara berkala merupakan langkah preventif yang penting dalam menjaga kualitas hewan ternak dan mencegah penyebaran penyakit.

“Dengan pendekatan ini, kami dapat mengidentifikasi masalah kesehatan sejak dini, sehingga dapat ditangani dengan cepat dan efektif,” terang dia.

Kegiatan tersebut tidak hanya memiliki dampak ekonomi bagi peternak, tetapi juga berdampak pada kesehatan manusia secara keseluruhan. Dengan kerja sama yang erat antara Babinsa, pemerintah daerah, dan petugas kesehatan hewan, diharapkan peternakan lokal dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *