Babinsa Kebonan Support Perawatan Sumur Bor Desa Tunjang Keperluan Air Bersih

Berita, Sosial, TNI/Polri1615 Views

Harianmerdekapost.com | Lumajang, Jatim – Babinsa Kebonan Koramil 0821/05 Klakah Koptu Nazarudin, mengadakan kegiatan kerja bakti memperbaiki dan merawat sumur bor, saluran dan tandon air bersih bersama masyarakat di Dusun Clarak, Kamis (1/6/2023).

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mempertahankan kecukupan kebutuhan air bersih, bagi warga setempat.

Koptu Nazarudin berkata, sumur bor di desa binaannya sudah ada sejak waktu sebelumnya. “Kegiatan ini dilaksanakan sebenarnya rutin. Merawat kantung air di titik sumber mata air bawah tanah. Sumur ini menopang keperluan masyarakat setempat. Maka dari itu, sebagai Babinsa kami merasa perlu terlibat dan juga memberikan dukungan,” kata Koptu Nazarudin.

Dilain sisi, selain mambantu tahapan, Koptu Nazarudin juga mengimbau masyarakat agar turut merasakan lingkungan sekitar, kaitannya dengan keberlangsungan sumber mata air.

“Misalnya dalam hal ini merawat tanaman yang bisa mempertahankan sumber mata air. Ini perlu kami sampaikan dan bagi masyarakat yang sudah melaksanakan hal tersebut, kami apresiasi dan sampaikan terimakasih,” imbuhhya.

Koptu Nazarudin menerangkan, air merupakan kebutuhan mendasar yang sangat penting. “Tanpa disampaikanpun, masyarakat sudah mengetahui jika air diperlukan dalam kehidupan. Maka dari itu, selain merawat sumur ini, diperdalam untuk tempat tampungan air di bawah tanah, juga perlu masyarakat itu berfikir, bagaimana sumber mata air itu terus hidup dan menghidupi,” tukasnya.

Kegiatan dilaksanakan juga disertai dengan pemasangan tandon air. Terlibat selain masyarakat, juga dukungan dari pemerintah desa setempat dalam kegiatan tersebut. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *