Babinsa Bersama Warga Tegalrejo, Kerja Bakti Penyodetan Genangan Air di Pemukiman Warga

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Akibat mengalami hujan lebat berhari hari, Babinsa Tegalrejo Koramil 0821/18 Tempursari Koptu Hari Irawan, bersama perangkat desa dan warga melaksanakan kerja bakti penyodetan sungai Rawaan, di Dusun Tegalsari Desa Tegalrejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (17/3/2024).

Kegiatan kerja bakti tersebut, merupakan inisiatif dengan sasaran normalisasi dengan melakukan penyodetan genangan air di sungai Rawaan untuk dibuang ke pantai Buku, sebagai langkah pencegahan terjadinya genangan air hujan.

Dalam kesempatan itu, Koptu Hari Irawan mengatakan, bahwa kegiatan kerja bakti tersebut merupakan upaya mencegah terjadinya luapan sungai Rawaan yang menggenangi pemukiman warga Dusun Tegalsari.

“Ini merupakan upaya kami Tiga Pilar desa bersama warga, dengan melakukan penyodetan material pasir laut dari sungai Rawaan yang disebabkan hujan yang cukup tinggi dengan air berlebih menggenangi pemukiman, dengan melakukan penyodetan ini air dapat, kegiatan warga Dusun Tegalsari bisa berjalan normal kembali,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dusun Tegalsari Yohadi mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk, disamping mencegah dan meminimalisir terjadinya genangan air di pemukiman warga, juga untuk memberikan kenyamanan bagi warga Dusun Tegalsari dalam melakukan aktivitas.

“Dengan kegiatan ini bukan kali pertama, apabila memasuki musim hujan, kami dan warga berinisiatif melakukan karya bakti. Upaya penyodetan aliran air sungai Rawaan menuju pantai bulu nanti dapat memberikan lega para warga, dan kami imbau kepada warga untuk tetap waspada,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *