397 Atlet Ikuti Kejurkab Pencak Silat Dandim Cup 0821/Lumajang Tahun 2023

Harianmerdekapost.com, Lumajang Jatim – Sebanyak 397 atlet dari 21 kontingen se-Kabupaten Lumajang mengikuti Kejuaraan Tingkat Kabupaten (Kejurkab) Pencak Silat Dandim Cup 0821/Lumajang Tahun 2023 di GOR Wirabhakti Lumajang, Senin (28/08/2023).

Pertandingan terbagi menjadi 4 kategori, yakni Kategori pra usia dini dengan ketentuan umur 9-10 tahun, kategori usia dini umur 11-12 tahun, kategori pra remaja umur 13-14 tahun dan kategori remaja umur 15-16 tahun.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., mengatakan gelaran kejuaraan tersebut terdapat banyak manfaat yang bisa diambil diantaranya dapat meningkatkan disiplin, sportifitas serta soliditas dan persaudaraan sesama atlet pencak silat se-Kabupaten Lumajang.

“Kemenangan bukanlah semata-mata tujuan utama, akan tetapi keikutsertaan dan partisipasi aktif yang telah ditunjukkan merupakan wujud loyalitas baik sebagai kontingen dalam kejuaraan ini,” ujarnya.

Lanjutnya, menjadi atlet yang baik, perlu memiliki kualitas kemahiran teknis yang ditopang dengan kualitas kemampuan fisik dan mental sebagaimana yang dipersyaratkan, melalui rangkaian latihan yang bertahap, bertingkat dan berlanjut, dimana faktor disiplin adalah merupakan landasan utamanya.

“Oleh karena itu saya berharap, setelah selesai kegiatan kejuaraan ini teruslah berlatih secara teratur dan berkesinambungan agar menjadi atlet yang berprestasi,” tutur Dandim.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati saat membuka Kejurkab Pencak Silat Dandim Cup 0821/Lumajang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Kejurkab Pencak Silat yang diikuti oleh 397 orang dari 21 kontingen se-Kabupaten Lumajang

“Saya mengapresiasi, di dalam lomba ini tidak ada nama perguruan, yang muncul adalah nama kontingen koramil, artinya semua menjadi satu, seluruh perguruan adalah saudara, dengan persaudaraan maka tidak boleh ada konflik dan kedamaian bisa dijaga dengan baik,” tuturnya.

See also  Babinsa Tamanayu, Dampingi Bidan Desa Kunjungi Warga Miskin Yang Mempunyai Balita

Bunda Indah juga berpesan agar dalam mengikuti pertandingan tersebut seluruh atlet pencak silat tetap menjunjung tinggi sportifitas.

Selain itu, Ia mengimbau agar Pencak Silat Dandim Cup 2023 dijadikan ajang mengasah dan meningkatkan skill masing-masing atlet.

“Ini adalah acara untuk memilih dan mencari para atlet olahraga di bidang silat, Kita berharap lahir bibit-bibit muda yang mampu membawa harum nama Kabupaten Lumajang di kancah persilatan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *