Wujudkan Pasar Pangan Aman, BPOM Manokwari Lakukan Monev Tahap II di Pasar Dulan Pokpok

Harianmerdekapost.com.,Fakfak Papua Barat – Balai POM di Manokwari melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Tahap II sebagai rangkaian dari Program Prioritas Nasional BPOM RI yang bertempat di Pasar Aman Berbasis Komunitas.

Kegiatan kali ini dilaksanakan di Pasar Dulan Pokpok Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat Ketua Tim Infokom BPOM Papua Barat Budi Triyanto, S.Farm., Apt. saat di konfirmasi melalui Via Whatsapp mengatakan Rabu .(04/10)wit.

Pada kegiatan ini, dilakukan sampling dan pengujian oleh petugas/ fasilitator pasar terhadap produk pangan dan bahan yang digunakan dalam proses produksi pangan.

Pengujian yang dilakukan meliputi pengujian Formalin, Boraks, Rhodamin B, dan Methanyl Yellow dengan menggunakan rapid test kit sebanyak 55 sampel. Selain itu, dilakukan juga uji mikrobiologi terhadap 5 jenis minuman dengan parameter e.coli dan coliform.
Dari hasil sampling dan pengujian, tidak ditemukan sampel positif bahan berbahaya kimia. Fasilitator pasar yang telah dilatih diharapkan aktif dalam melakukan pengawasan dan penyuluhan kepada pedagang pasar secara mandiri dan berkesinambungan sehingga tidak ditemukan lagi makanan yang positif mengandung bahan berbahaya dan masyarakat aman dari makanan yang beresiko terhadap kesehatan.(Amatus Rahakbauw/K)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *