HUT TNI ke-78, Dandim 0821/Lumajang Pimpin Upacara Ziarah Nasional dan Tabur Bunga

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., pimpin pelaksanaan upacara ziarah nasional dan tabur bunga dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-78, yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang, Rabu (4/10/2023).

Upacara tersebut, selian diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang, juga melibatkan personil terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, PNS dan Persit KCK Cabang XXXV Kodim 0821 serta Persit KCK Cab XLI Yonif 527.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan, kemudian mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Irup. Setelah itu, dilanjutkan peletakan karangan bunga dan tabur bunga diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Usai pelaksanaan upacara, Dandim 0821/Lumajang mengatakan, bahwa sudah menjadi tradisi jelang peringatan HUT TNI seluruh satuan jajaran TNI melaksanakan prosesi ziarah nasional dan tabur bunga di TMP.

“Hal ini tujuannya untuk mengenang dan menghargai jasa-jasa para pahlawan, yang telah gugur dalam berjuang melawan penjajah, demi mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia”, ujarnya kepada awak media di lokasi.

Lanjutnya, sebagai generasi muda sudah sepantasnya kita meneladani semangat perjuangan para pahlawan, yakni dengan mengisi kemerdekaan melalui hal-hal positif guna menuju Indonesia maju.

“Dengan semangat pantang menyerah yang telah dicontohkan para pahlawan, maka setiap prajurit TNI harus memiliki jiwa patriotisme dalam jati diri, demi berkibarnya merah putih serta keutuhan NKRI dalam wadah Bhineka Tunggal Ika”, pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *