Tanamkan Disiplin Sejak Dini, Babinsa Wonoayu Latih PBB Siswa

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim  – Upaya mencetak kedisiplinan usia dini, Babinsa Wonoayu Koramil 0821/06 Ranuyoso, Koptu Heru Suprayitno, melaksanakan pembinaan materi pelatihan baris berbaris (PBB) kepada siswa SDN Wonoayu 01, Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (25/9/2023).

Dengan cara tersebut, merupakan langkah untuk menanamkan kedisiplinan kepada para siswa akan semakin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa kesetiakawanan, persatuan dan kesatuan dalam melaksanakan tugas-tugas dan peraturan di sekolah.

Heru Suprayitno menuturkan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara, agar para siswa mengerti tujuan dari latihan ini yaitu untuk menanamkan rasa tanggung jawab, dengan rajin belajar.u u

“Tujuan dari baris berbaris, mereka dapat menerapkan pada kegiatan-kegiatan lain, seperti upacara bendera ataupun ajang kekompakan antar siswa, sehingga dapat membantu para siswa untuk lebih disiplin, yang nantinya dapat diterapkan dilingkungan sekolah maupun lingkungan tempat mereka tinggal,” kata dia

Terlihat para siswa berantusias dalam mengikuti latihan PBB yang diberikan oleh babinsa baik saat pemberian materi teori para siswa memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh babinsa dan juga saat melaksanakan praktek para siswa pun terlihat penuh semangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan.

Sementara itu, Kepala sekolah SDN Wonoayu 01 Sahidi S.Pdi, mengatakan, bahwa kegiatan ini bukan kali pertama anak didiknya dilatih oleh TNI, dan pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan pihak koramil.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Babinsa, yang sudah melatih kedisiplinan kepada siswa-siswi kami, sehingga dapat membawa manfaat bagi pihak sekolah, semoga kerjasama ini akan terjalin seterusnya,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *