Puncak Haul Abu Bakar Assegaf Ke-68, Gresik di Penuhi Jamaah Dalam dan Luar Negeri

Harianmerdekapost.com – Gresik,Jatim – Ribuan jamaah memadati haul Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf yang ke-68. Masjid Jami’ dan area sekitar Alun-Alun Gresik yang menjadi pusat acara sejak Selasa (05/07) sore. Acara pada hari ini, Rabu (06/07) pagi, merupakan puncak acara haul Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf. Sebelumnya, rangkaian diawali dengan Rauhah dan Khotmi Kitab Ihya’ Ulumiddin, kemudian dilanjutkan dengan hadrah dan pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Al-Imam Al-Qutb Al-Habib Abu Bakar bin Muhammad bin Umar Assegaf.

Pasuruan ads

Digelar sejak kemarin, jamaah dari berbagai daerah sudah datang di kota Gresik, bahkan tidak sedikit yang memilih bermalam di lokasi acara.

Salah seorang jamaah asal Sampang bernama Syarif (36 tahun), mengatakan sudah datang di Gresik sejak Selasa siang. Dirinya bersama 3 rekannya tidak pernah absen untuk hadir di acara haul ini.

“Kemarin sudah tiba di Gresik. Perjalanan dari Sampang sejak pukul 10 pagi, sampai Gresik jam 1 siang. Kami bertiga menunggu di sekitar Pendopo Gresik sejak semalam,” ujar Syarif.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Gresik bersama jajaran dan Polres Gresik menyatakan akan memberikan dukungan penuh guna memastikan acara haul Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf yang ke-68 berjalan lancar.

“Disamping rekayasa lalu lintas dan persiapan kantong-kantong parkir. Kita juga sudah menyediakan dapur umum di area Pendopo dan Rumah Dinas, ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi gratis bagi jama’ah. Tim kesehatan dan ambulans juga kita siapkan di lokasi. Kita juga sudah menyediakan videotron dan TV di sekitar area Alun-Alun dan Pendopo, agar jama’ah bisa tetap mengikuti acara walaupun tidak bisa masuk di Masjid Jami’,” terang Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

Berkaca dari tahun sebelumnya, acara haul ini mengundang antusiasme tinggi dari jama’ah dari dalam hingga luar negeri. Acara ini tentunya memberikan manfaat ekonomi pada warga sekitar serta tingginya tingkat okupansi hotel.

Gus Yani, begitu Bupati Fandi Akhmad Yani kerap disapa, juga mengucapkan selamat datang kepada jama’ah dari berbagai wilayah yang datang di Kabupaten Gresik.

“Selamat datang di Kabupaten Gresik, bersama-sama kita mengikuti rangkaian haul Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf. Semoga kita semua mendapat keberkahan,” pungkasnya. (nnd/wwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *