Pelayanan Operasi Bedah Jantung Terbuka di RSUD dr. Doris Syilvanus Hari Ini Resmi Dibuka, Ini Pesan Gubernur Kalteng

Palangka Raya, harianmerdekapost.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Doris Sylvanus (RSDS), Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), hari ini, Jum’at (01/12/2023) resmi membuka kegiatan operasi Bedah jantung secara Terbuka.

Gubernur Kalimantan Tengah ‘H Sugianto Sabran mengatakan bahwa RSDS saat ini sudah mampu melaksanakan operasi Bedah Jantung terbuka, ia juga mengatakan ada dua Orang Pasien berasal dari Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dan Kabupaten Kapuas. Sugianto juga berharap, dengan adanya pelayanan ini, khususnya angka kematian di kalteng akibat penyakit Jantung bisa berkurang.

“Semoga dengan adanya pelayanan operasi Bedah jantung ini, semoga dapat mengurangi angka kematian kususnya bagi masyarakat yang mempunyai penyakit Jantung. Untuk pertama kali ada Dua Orang Pasien dari Barsel dan Kapuas yang akan dilakukan Operasi,”terang Sugianto dalam Sambutanya saat acara Press Conference di RSDS, Jum’at (01/12/2023).

Dalam acara Jumpa Pers tersebut, Orang nomor Satu di Kalteng tersebut menambahkan bahwa saat ini Kalteng merupakan salah satu provinsi ke-20 yang telah melakukan operasi bedah pintas arteri koroner Jantung.

“Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung kegiatan ini, ini semua terlaksana atas Komitmant Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, sehingga mendapat dukungan penuh dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), dengan menyediakan anggaran yang cukup besar dalam kegiatan ini, khususnya dukungan terhadap RSDS untuk melaksanakan proctorship bedah jantung perdana ini,”tambahnya.

Selain itu, PLT Direktur RSDS ‘Ady Fraditha,S.Kep.,Ns, mengucapkan terimakasih Kepada Gubernur Kalteng dan semua pihak yang telah memberikan dukungan penuh terhadap RSDS hingga kegiatan dapat resmi dibuka.

“Terimakasih Kepada Pak Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, S.Ip dan Wakil Gubernur ‘Edi Pratowo karena sudah berkenan hadir, tidak lupa juga saya ucapkan terimakasih kepada Kemenkes, Kepala Dinas Kesehatan Kalteng, Ketua tim pengampu Jejaring kardiovaskuler Nasional, Dirut RS jantung dan pembuluh darah serta tim medis terkait atas dukunganya. Dengan adanya Pelayanan baru Operasi Bedah Jantung Terbuka ini, semoga dapat meringankan dan mengurangi beban masyarakat Kalteng terutama yang menderita Penyakit Jantung,”tambahnya saat dikonfirmasi harianmerdekapost.(Luk)

Editor : Lukman Fajar H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *