Pastikan Aman, Babinsa Bersama Kades Tamanayu Melaksanakan Pengecekan Akses Jalan Rawan Bencana.

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Pengecekan akses jalan penghubung dalam rangka menyikapi perkembangan dan perubahan cuaca, Babinsa Tamanayu Koramil 0821/14 Pronojiwo Peltu Danang, mendampingi kepala desa meninjau langsung kawasan rawan bencana alam tanah longsor yang berada di dua dusun Desa Tamanayu Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (15/3/2024).

Kegiatan tersebut, pihaknya mendampingi kepala desa Tamanayu, untuk memastikan kembali lokasi jalan penghubung antara Dusun Jonggrang dan Dusun Sidomukti yang rawan longsor dipicu oleh air hujan berlebih di lereng perbukitan diantara wilayah-wilayah yang ada di Kecamatan Pronojiwo.

Dalam kesempatan itu Peltu Danang mengatakan, bahwa pihanya mendampingi kepala desa meninjau langsung ke lokasi, yang mana akses jalan dari dan menuju Dusun Sidomukti dapat diketahui titik-titik kerawanan.

“Dengan kegiatan ini, kami juga memastikan daerah yang rawan, yang tidak menutup kemungkinan manakala terjadi bencana alam tanah longsor ataupun bencana alam yang lain untuk menjangkau maupun mengevakuasi warga Dusun Sidomukti dan Dusun Jonggrang menuju tempat yang aman,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Desa Tamanayu Abdul Kholik menyampaikan, bahwa kegiatan ini untuk memastikan kesiapan warga dan mengecek akses jalan apabila terjadi bencana alam tanah longsor di waktu puncak musim hujan.

“Kami pesan kepada warga, untuk menjaga disepanjang jalan ini dengan tidak menumpuk material pasir di pinggir jalan yang berada di titik rawan bencana, karena apabila terjadi sesuatu akan menjadi hambatan warga maupun pengguna jalan, pada pelaksanaan evakuasi dilakukan,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *