Pantai Cacalan Beach “HIDDEN GEM” di Banyuwangi

Harianmerdekapost.com, Banyuwangi, Jatim – Kabupaten Banyuwangi memiliki segudang tempat destinasi wisata yang begitu indah dan keren, salah satunya Pantai Cacalan Beach. Pantai yang tak kalah eksotis dari Pantai Boom Banyuwangi ini terletak di lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro. Letak destinasi yang hanya berjarak 5 km dari Banyuwangi Kota ini membuatnya cukup strategis.

Pantai Cacalan beach di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang melibatkan masyarakat setempat, Pantai Cacalan beach merupakan salah satu destinasi yang terbilang “HIDDEN GEM” di Banyuwangi. Merupakan desa wisata, destinasi ini masih asri dan cukup terjaga.

Pantai Cacalan juga dilengkapi pemandangan alam yang indah plus hamparan pasir putih. Lautnya pun terlihat biru dan uniknya, ombak di pantai ini cukup kecil sehingga begitu aman untuk berwisata bersama keluarga.

Saat team awak menemui Ketua Humas Pokdarwis Pantai Cacalan Beach, Budiyono mengatakan, Masa lalu Pantai Cacalan bisa dikulik dari masyarakat sekitar pantai. Singkatnya, sejarah pantai yang satu ini bermula dari adanya Dermaga Cinta-Cacalan hingga Pantai Ancol yang banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu di sekitar pesisir Pantai Bulusan, Banyuwangi.

Kemudian, lahan pertanian dan pohon bambu itu pun dipacul atau dicacal. Inilah asal mula singkat dari penamaan Pantai Cacalan, katanya.

Mereka melakukan mulai dari kepedulian lingkungan pantai secara sukarela, menanam bibit pohon di sepanjang pantai, membuat benteng abrasi, hingga melakukan tradisi orang tua dahulu, yakni Rabu wekasan di wilayah pantai.

Ini menjadi salah satu kepedulian warga dalam melestarikan alam dan budaya, sekaligus menjadi keindahan tersendiri bagi Pantai Cacalan.

Fasilitas di pantai yang satu ini cukup komplit, belum lagi karena lokasinya yang berdekatan dengan pusat perkotaan. Hampir semua sudut di Pantai Cacalan ini dapat menjadi spot foto para wisatawan.

Khususnya, spot ayunan di bibir pantai yang dirancang untuk mengabadikan momen bersama. Keindahan panorama selat bali pun dapat terlihat begitu indah dari spot yang satu ini.

Terdapat berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan untuk keseruan di sekitar pantai yang satu ini. Misalnya, area permainan perahu kano yang berada di rawa dangkal dekat Pantai Cacalan. Kemudian, ada pula Rumah Merpati yang berisi puluhan merpati cantik yang bakal terbang bergerombol jika diberi makan.

Ada pula Pondok Santai yang tersebar di seluruh area pantai, memungkinkan kita untuk duduk-duduk santai seperti namanya. Kita juga bisa memesan makanan dari warung sekitar.

Lanjut, Budiyono pengelola Pantai Cacalan Beach akan selalu berbenah dan menyajikan suguhan menarik dan berbeda setiap harinya. Agar para wisatawan baik domestik maupun mancanegara terkesan dan selalu ingin kembali ke Pantai Cacalan yang terletak di kecamatan Kalipuro ini.

Masih kata Budiono,kita selalu hadir dengan inovasi kreatif dan implementasikan kritik dan saran dari para pengunjung, agar Pantai Cacalan Beach semakin lebih baik dan menjari daya tarik utama destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi serta bisa dirasakan para wisatawan lokal maupun manca negara.

Pantai Cacalan Beach buka mulai pukul 06.00 Wib – 21.00 Wib, dengan harga tiket yang ekonomis tidak menguras kantong, untuk dewasa Rp.7500,-/orang dewasa.

Budiyono, menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan yang masih dirasanya kurang, kritik dan saran para wisatawan yang berkunjung adalah motivasi pokdarwis pantai cacalah bech untuk menjadu lebih baik, “pungkasnya. ( kus )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *