Libatkan Pelajar dan Relawan, TNI Koramil Tempursari Tanam Ratusan Pohon Mangrove 

Harianmerdekapost.com, Lumajang Jatim – Sebagai upaya ikut berkontribusi dalam penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup, Personel Koramil 0821/18 Tempursari melaksanakan kegiatan penanaman pohon mangrove yang melibatkan relawan dan pelajar SMA YBPK bertempat di pesisir Pantai Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (21/9/2023).

Kegiatan ini wujud bakti TNI dalam mendukung terciptanya ekosistem baru yang memberikan manfaat bagi lingkungan hidup, salah satunya pencegahan abrasi pantai hingga dampak multiguna bagi masyarakat setempat.

Saat ditemui Tim Pendim, Danramil 0821/18 Tempursari Letda Inf Adi Susanto mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah, dalam melaksanakan penghijauan di wilayah pesisir pantai untuk mencegah terjadinya abrasi.

“Hal ini juga bentuk dukungan TNI terhadap program Pemerintah dalam mendorong pelestarian lingkungan pesisir, khususnya di wilayah Koramil 0821/18 Tempursari, yang berkolaborasi dengan Relawan TSR (Tempursari Sigap Rescue), melibatkan pihak sekolah, sebagai edukasi menjaga kehidupan biota laut,” kata dia.

Adapun tanaman mangrove yang ditanam di pesisir Pantai Desa Bulurejo hari ini berjumlah 500 pohon.

Sementara itu Kepala SMA YBPK (Yayasan Badan Pendidikan Kristen) Tempursari, Mulyadi S.pd mengatakan, bahwa kegiatan tersebut disamping sebagai bentuk memberikan pengenalan lingkungan laut, juga sebagai tujuan memberikan edukasi kepada para siswa, akan pentingnya kelestarian laut.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengajak anak-anak sekolah dan masyarakat sambil memberikan edukasi sehingga dapat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan khususnya yang ada di pesisir pantai karena ini adalah tugas kita bersama,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *