Karnaval Peringati Ulang Tahun Ke-78 RI di Mimika Berlangsung Semarak

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Karnaval Peringati Ulang Tahun Ke-78 RI di Mimika Berlangsung Semarak.,MIMIKA – Memeriahkan Peringatan Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyelenggarakan Karnaval berita ini dilansir dari mimikakab.go.id, yang berlangsung tepat pada Sabtu (05/08/2023) dengan start dari halaman Gedung Eme Neme Yauware, Timika.

Karnaval diikuti oleh ribuan warga Mimika, mulai dari pelajar, mahasiswa, organisasi, kerukunan, kelompok dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Pendidikan serta Dinas Komunikasi dan Informatika, dengan total peserta dari kategori anak (TK- SD) dan kategori dewasa (SMP, SMA/SMK dan Umum) sebanyak 151 regu.

Sementara, rute yang ditempuh untuk kategori dewasa dimulai dari halaman Gedung Eme Neme Yauware menuju Jl. Budi Utomo, kemudian belok ke Jl. Hasanudin. Selanjutnya ke arah Jl. Yos Sudarso, menuju Jl. Belibis dan berakhir di halaman Gedung Eme Neme Yauware.

Meski kota Timika sempat diguyur hujan, tak mematahkan semangat para peserta yang memakai pakaian profesi, pakaian adat dan menampilkan budaya masing-masing, untuk berjalan kaki selama kurang lebih 3 jam mengelilingi kota Timika, diiringi marching band dari Batalyon Infanteri 754 Eme Neme Kangasi dan sekolah-sekolah yang ada di Mimika.

Penjabat Sekretaris Daerah (Pj. Sekda) Mimika, Dr. Petrus Yumte S.H., M.Si., membuka karnaval untuk kategori dewasa, didampingi Asisten Bidang Administrasi dan Umum pada Sekretariat Daerah (Setda) Mimika, Hendritte W. Tandiyono, S.E., M.M., beberapa pimpinan OPD dan Forkopimda.

Pj. Sekda saat diwawancara mengatakan, animo masyarakat Mimika dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI tahun 2023 sangat luar biasa

“Semangat masyarakat menyongsong HUT ke-78 RI di Kabupaten Mimika ini luar biasa. Mulai dari anak sekolah hingga masyarakat berpartisipasi dalam karnaval,” ujarnya

Mewakili pemerintah, Pj. Sekda menyatakan apresiasi pada masyarakat.

“Kami pemerintah mengapresiasi dukungan dan keterlibatan masyarakat pada karnaval hari ini. Juga terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan kegiatan ini,” ungkapnya.

Ia mengajak masyarakat Mimika terus terlibat dalam rangkaian acara memperingati HUT ke-78 RI yang telah direncanakan.

“Masih ada rangkaian acara lainnya. Diharapkan masyarakat tetap mendukung dan berpartisipasi untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 RI di Mimika, agar semangat kemerdekaan ini dirasakan oleh semua warga Mimika,” pesannya.

Sesuai tema nasional Peringatan HUT ke-78 RI tahun 2023 kali ini yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, Pj. Sekda berharap agar pembenahan yang saat ini dilakukan oleh pemerintah, khususnya di Kabupaten Mimika, dapat memberi dampak untuk Indonesia yang lebih maju.

“Kita di Kabupaten Mimika, dengan sumber daya yang ada, kita memiliki harapan positif untuk terus maju lebih baik ke depan,” pungkasnya.

Selain karnaval, rangkaian acara kegiatan memperingati HUT ke-78 RI di Kabupaten Mimika diantaranya jalan santai, yang sudah berlangsung pada Jumat (28/07/2023) sebagai pembuka rangkaian kegiatan HUT RI di Mimika tahun 2023

Kemudian pada Senin (07/08/2023) ada Lomba seka jalan dan marching band/drum band untuk pelajar SD, SMP dan SMA/SMK dengan start dan finish di halaman Gedung Eme Neme Yauware. Selanjutnya hari Selasa (08/08/2023) diadakan lomba gerak jalan dengan peserta pelajar SMP hingga SMA/SMK dan umum, berpusat dari halaman Eme Neme Yauware dan berakhir di tempat yang sama.

Juga ada pawai kendaraan hias untuk umum pada hari Sabtu (12/08/2023) dimulai dari halaman Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika di SP 3, Distrik Kuala Kencana, kemudian menyusuri Jl. Cenderawasih, Jl. Yos Sudarso, Jl. Hasanudin, Jl. Budi Utomo dan berakhir di halaman Gedung Eme Neme Yauware, Timika. Pawai direncanakan diikuti oleh OPD, instansi pemerintah dan swasta, organisasi, sanggar serta kerukunan. Selain itu dilaksanakan tabur bunga dan upacara bendera.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *