Jelang Pemilu Serentak 2024, Dandim 0821 Lumajang Hadiri Apel Gelar Pasukan Ops. Mantap Brata Semeru 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dandim 0821 Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M,. menghadiri kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2023 – 2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024, di Alun-Alun Lumajang Jawa Timur, Selasa (17/10/2023).

Usai kegiatan saat diminta keterangan oleh Tim Pendim, Dandim 0821 Lumajang mengatakan bahwa perlu adanya sinergisitas TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat dalam pengawasan Pemilu tersebut sehingga nantinya dalam pelaksanaan dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, dirinya meminta kepada semua personel agar meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan secara progresif agar mampu menghadapi perkembangan dan perubahan dinamika sosial di masyarakat.

“Saya kira komunikasi dan kerjasama yang baik itu sangat penting antar personel dan stakeholder yang lainnya, sehingga kita akan siap menghadapi perkembangan dan perubahan dinamika sosial yang terjadi di masyarakat saat ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Lumajang, AKBP Boy Jeckson yang bertindak sebagai pimpinan apel menyampaikan amanat dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam amanatnya, dijelaskan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras Ops. Mantap Brata 2023 – 2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar

“Sebagaimana penyampaian Presiden RI, Joko Widodo bahwa Tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama,” ungkapnya.

Operasi akan dilaksanakan selama 222 hari, sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024. Diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

Nantinya Polri juga akan menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023 – 2024 untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, serta Memajukan Bangsa Diatas Kepentingan Kelompok”, guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda Firehouse of Falsehood dan Black Champaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics, serta Satgas Pemilu Damai.

Apel Gelar Pasukan Ops. Mantap Brata Semeru 2023 – 2024 juga dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang dan Kepala OPD terkait, serta Forkopimca se-Kabupaten Lumajang. Apel diikuti oleh jajaran TNI-POLRI, Satpol PP, Dishub, BPBD, Kesbangpol, Bawaslu, KPU, dan Satlinmas. (fjr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *