Jaga Kelestarian Rowo Kancu, Babinsa Kalisemut Bersama Karang Taruna Tebar Ribuan Ikan Nila  

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Penebaran benih ikan sangat baik dan harus terus ditingkatkan kuantitasnya supaya ekosistem ikan selalu terjaga dan masyarakat dapat menikmati hasilnya, dan membawa manfaat demi keberlangsungan habitat ikan di Rowo kancu yang manfaatnya untuk masyarakat sekitar.

Hal tersebut, disampaikan Babinsa Kalisemut Koramil 0821/20 Padang Serda Hendrik, saat bersama Karang Taruna Rowo Kancu melaksanakan penebaran 10.000 ikan nila di Ranu Kancu Dusun Kancu Desa Kalisemut Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (3/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Hendrik mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya kepedulian terhadap kelestarian ekosistem kehidupan air, yang nantinya memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat. Paling tidak bisa memenuhi kebutuhan warga.

“Hari ini kita menebar 10 ribu benih ikan jenis Nila di Rowo Kancu, bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang, sebagai tujuan utama untuk turut peduli terhadap lingkungan, dengan menjaga kelestarian ekosistem kehidupan air di Ranu Kancu, dengan mengedukasi warga sekitar untuk merawat bersama-sama,” kata dia.

Lanjut Hendrik, pihaknya juga mengimbau agar Ranu Kancu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, sebagai penopang sentra produksi pangan nasional di sentra perikanan wilayah, untuk terus produktif sebagai upaya menanggulangi dampak ekonomi masyarakat.

“Silahkan manfaatkan ikan yang ada di Rowo Kancu ini dengan sebaik-baiknya, demi kepentingan bersama, harapan kami kepada warga untuk menangkap ikan dengan cara meracuni. Gunakanlah pancing saja agar ekosistemnya terus terjaga dengan baik, sehingga perkembangbiakan ikan di Rowo Kacu dapat dirasakan oleh anak cucu kita,” pungkasnya. (fjr )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *