Gebyar Sedekah Bumi Dan Festival Karnaval Paling Gokil Dan Penuh Ragam Kreasi Yang Di Selenggarakan Oleh Dusun Gesing Desa Randu Pitu

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 , dusun Gesing desa Randu Pitu kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan pada minggu tanggal (03-09-2023 ) menyelenggarakan Gebyar Sedekah Bumi Fesestival Karnaval dengan tema Sedekah bumi dan Karnaval .

Giat tersebut dimulai jay12.00wib – selesai dan disentralkan di depan balai dusun Gesing untuk start dan finish bagi peserta karnaval. Festival karnaval yang diselenggarakan oleh dusun Gesing di ikuti 12 RT dari warga ber usia balita sampai yang lansia dengan jumlah peserta kurang lebih 2.225 orang. Untuk start peserta pertama diberangkatkan oleh kepala desa Randu Pitu M Fuad.

Gebyar Sedekah Bumi dan Festival Karnaval yang dilaksanakan oleh dusun Gesing desa Randu Pitu betul -betul sangat meriah dan paling gokil di wilayah kecamatan Gempol di wilayah kecamatan Gempol karena masing-masing peserta dari warga RT 01 – RT 12 menyajikan tampilan terbaik dengan mengeksplor semua kreativitas yang dimilikinya. Ragam kreatif sajian yang ditampilkan antara lain Fashion busana, senam aerobik dengan kreasi yang berbeda antara RT yang satu dan lainnya, Seni merangkai hasil bumi dan tiap peserta juga menyajikan tema yang berbeda.

Berdasarkan hasil pantauan dan monitor tim media harian merdeka post dengan telah menyaksikan kegiatan karnaval yang diselenggarakan di dusun Babat, Randu Pitu dan Gesing siang sampai sore tadi yang sangat meriah dan peserta paling Gokil karena antusias warga yang ada di tiap dusun dengan animo penonton baik yang dari desa Randu Pitu dan yang dari beberapa tetangga desa ,ini sebagai salah satu bukti bahwa Kepala desa Randu Pitu M Fuad pertama telah berhasil menumbuhkan dan menanamkan rasa peduli dan cinta lingkungan, dusun,desa Randu Pitu,jiwa nasionalisme dan sikap saling asah asoh dan asih kepada warga desanya, kondisi yang telah tercapai wajib dijaga dan ditingkatkan .

Yang kedua telah berhasil menggali potensi yang ada di tiga dusun tersebut yakni Babat, Randu Pitu dan Gesing .
Menurut kalian dan analisa awak media setelah menyaksikan secara langsung dari giat karnaval di tiga dusun tersebut ada beberapa potensi yang mempunyai nilai tambah untuk sisi ekonomi yang membutuhkan peran pemdes Randu Pitu antara lain yang mungkin dapat dipertimbangkan Desa Randu Pitu sudah waktunya mempunyai gedung Sanggar Tari dasar dan tujuan untuk memberikan ruang kepada warga yang mempunyai bakat dan jiwa seni baik tradisional, kreasi modern dan Islami ( mohon ditempatkan beda antara budaya dan Agama), program pelatihan desain baju dan menjahit serta seni musik. Perihal tersebut diatas setelah direncanakan dengan matang dan terkonsep dengan baik untuk realisasinya dapat dilaksanakan secara bertahap.

Dasar substansial adalah pemdes Randu Pitu harus berani merubah pola pikir warga bahwa kesempatan kerja bukan sebatas di perusahaan tapi wajib menciptakan lapangan kerja untuk diri sendiri.

Ketika acara masih berlangsung tim media harian merdeka post menemui BPD dusun Gesing Suhadi (03-09-2023) jam 15.45 wib untuk meminta komentar, menjelaskan kami sangat bersyukur dan bangga kepada warga dusun Gesing yang begitu antusias penuh semangat dan kompak dalam mengikuti acara karnaval pada hari ini dan karnaval dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke 78 ini paling meriah dan sukses. Tuturnya !!!.
(Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *