Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Bati Tuud Sumbersuko Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan ‘RJIT’

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Sebagai upaya mendukung terwujudnya ketahanan pangan di wilayah, Bati Tuud Koramil 0821/19 Sumbersuko menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Rehabilitasi Irigasi Irigasi Tersier (RJIT) di lahan pertanian Gapoktan Bina Tani Desa Sumbersuko, Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/11/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala UPT BPP Kecamatan Sumbersuko, Kepala Desa Sumbersuko, Ketua Hippa Kecamatan Sumbersuko, serta Ketua dan anggota Gapoktan Bina Tani Desa Sumbersuko.

Dalam kesempatan itu, Bati Tuud Peltu Moh. Sholeh yang mewakili Danramil 0821/19 Sumbersuko disela waktu kegiatan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan program pendampingan pertanian, terkait pelaksanaan kegiatan sebagai penunjang pengairan pertanian di wilayah.

“Sebagai mitra para petani di wilayah, untuk itu kita akan selalu siap membantu pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian di wilayah, dalam mendukung suksesnya program ketahanan pangan nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah,” kata dia.

Dengan dibangunnya jaringan irigasi tersebut, penggunaan dan pengaturan pasokan air ke sawah-sawah para petani agar dapat terbagi secara merata, sebagai penunjang pengolahan lahan pertanian sesuai kebutuhan menjadi lancar.

Sementara itu Kepala Desa Sumbersuko Ahmad Taufik mengatakan, bahwa pembangunan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier tersebut, merupakan pengajuan pembangunan tahun anggaran 2022, agar dapat menunjang peningkatan produksi pertanian Gapoktan Bina Tani.

“Seperti halnya pembangunan yang dilakukan kali ini, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah khususnya di Desa Sumbersuko sebagai tujuan program ketahanan pangan nasional,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *