Bina Lingkungan Hidup, Koramil Tempursari Bersama Komunitas, Relawan dan Pelajar Gelar Penyulaman Bibit Mangrove

Berita, Sosial, TNI/Polri89 Dilihat

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Koramil 0821/18 Tempursari, bersama Komunitas Bonsai Tempursari (Kobot), pelajar dan relawan melaksanakan penyulaman bibit mangrove, di pesisir pantai TPI Dusun Karangmenjangan Desa Bulurejo Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan penyulaman bibit mangrove Sebanyak 200 Pohon tersebut, sebagai program pembinaan lingkungan hidup, yang dilaksanakan menjelang musim penghujan secara bertahap,

Dalam kesempatan itu, Bati Tuud Koramil 0821/18 Tempursari Peltu Dwi Hasim As’ari mengatakan, kegiatan tersebut sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penyelenggaraan pembinaan lingkungan hidup, khususnya di wilayah yang mempunyai pesisir pantai.

“Penyulaman merupakan tahapan penting setelah tahapan penanaman, karena bertujuan untuk memelihara bibit-bibit mangrove yang telah ditanam agar mendapatkan kelulushidupannya yang maksimal. Penyulaman dilakukan dengan cara mengganti bibit mangrove yang telah mati dengan bibit mangrove yang baru,” kata dia.

Dirinya juga mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk wujud kepedulian TNI terhadap kelestarian lingkungan, sebagai bentuk menjaga kelangsungan kehidupan biota laut, dapat mencegah ekosistem dan mencegah dari abrasi.

“Mengingat kerusakan mangrove di pesisir-pesisir Indonesia semakin hari semakin mengkhawatirkan. Untuk itu, beberapa tahapan rehabilitasi adalah langkah-langkah praktis yang bisa dijadikan pedoman bagi kita semua dalam rangka turut serta menyelamatkan ekosistem mangrove di daerah pesisir di wilayah Tempursari,” pungkasnya. (fjr )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *