Peduli lingkungan, Stakeholder Supiturang Giatkan Program ‘Jumat Bersih’

Harianmerdekapost.com Lumajang, Jatim – Peran serta menjaga kebersihan lingkungan, sebagai wujud nyata sinergisitas yang solid, dengan mengimplementasikan tugas pembinaan teritorial (Binter), guna mendukung program pemerintah dalam pemberdayaan sumber daya manusia, untuk peduli terhadap lingkungan di wilayah binaan.

Hal tersebut dikatakan Babinsa Supiturang Serda Sigit Andi Irawan, usai melaksanakan kegiatan Jumat Bersih bersama stakeholder serta masyarakat melakukan kebersihan lingkungan sepanjang jalan dan Dusun Sumbersari RT 014 RW 005 Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Jumat (1/12/2023).

Dalam kesempatan itu, Sigit mengatakan, bahwa kegiatan kerja bakti jumat bersih merupakan salah satu program cinta kebersihan dan dilakukan setiap seminggu sekali. Selain itu juga kerja bakti jumat bersih untuk mewujudkan lingkungan di jalan Dusun Sumbersari terkesan bersih, rapi, dan indah sehingga enak dipandang mata.

“Dengan menggiatkan kerja bakti ‘Jumat Bersih” dilingkungan secara bergotong royong dengan untuk memupuk semangat kebersamaan warga untuk peduli kepada kebersihan lingkungan, sehingga program ini untuk membiasakan seluruh warga masyarakat berbudaya hidup bersih dan sehat,” kata dia.

Kegiatan Jumat Bersih dengan sasaran meliputi, pembersihan jalan penghubung antara Dusun Gumukmas dan Dusun Sumbersari, normalisasi parit, pemangkasan pohon dan pemanfaatan pawon urip.

Sementara itu, Kepala Desa Supiturang Nurul Yakin Pribadi, S.Pd., mengatakan bahwa, dengan kegiatan ‘Jumat Bersih’ bukan kali pertama, tetapi merupakan agenda rutin yang dilaksanakan seminggu sekali di lokasi yang berbeda.

“Program Jumat Bersih, sebagai langkah dalam menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, seperti debu, sampah dan bau yang tidak sedap. Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit,” pungkasnya. (fjr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *