Dinas Kominfo Aktifkan VSAT, Potowayburu Kembali Bersinyal

Harianmerdekapost.com.,MIMIKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), kembali mengaktifkan jaringan internet menggunakan Very Small Aperture Terminal (VSAT) di Potowayburu, Distrik Mimika Barat Jauh,mulai Jumat berita ini dilansir dari mimikakab.go.id (14/07/2023), sehingga Distrik Mimika Barat Jauh kembali bersinyal.Plt Kepala Dinas Kominfo Mimika, Albertus Tsolme, S.Pd., menegaskan bahwa pengaktifan kembali jaringan internet sangat diperlukan.

“VSAT menjadi solusi jaringan internet, khususnya di daerah pedalaman dan pesisir,” tandasnya.

VSAT yang dibangun oleh Dinas Kominfo namun sejak tahun 2020 tidak berfungsi. Hal tersebut disebabkan Diskominfo belum melakukan pembayaran kepada pihak ketiga yaitu PT. Lintas Arta, akibat dari pandemi covid-19 dan kebijakan lain.

“Setelah penyelesaian administrasi, pihak Dinas Kominfo dan PT. Lintas Arta survey ke Potowayburu dan sekarang VSAT sudah diaktifkan kembali,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan kembali berfungsinya VSAT di Distrik Mimika Barat Jauh, akan memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi dan membantu tugas pemerintahan dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Ditambahkannya, pengaktifan kembali jaringan internet menggunakan VSAT juga akan dilakukan di Distrik Agimuga dan Jita.(Amatus Rahakbauw/Kelanit).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *