Pemkab Mimika Siap Tampilkan Produk Unggulan pada Apkasi Otonomi Expo 2023

Harianmerdekapost.,MIMIKA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah, akan mengikuti pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo (AOE) 2023 dengan menampilkan produk-produk unggulan Kabupaten Mimika.AOE 2023 rencananya akan berlangsung pada tanggal 20-22 Juli 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, didukung berbagai kementerian terkait, seperti Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pertanian, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Penjabat (Pj.) Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, S.IP., M.Si., yang diagendakan memimpin rombongan Kabupaten Mimika pada AOE 2023, menyaksikan persembahan tarian khas Mimika yang akan ditampilkan pada event nasional tahunan tersebut berita tersebut dilansir dari mimikakab.go.id,  Jumat, (14/7)wit, bertempat di lobby Gedung A, dilanjutkan dengan pemberian arahan di ruang rapat lantai 3 Gedung A, Kantor Pusat Pemerintahan, SP 3.

“Apkasi ini menjadi ajang kepala daerah berkomunikasi dan masing-masing kabupaten pasti berusaha tampil maksimal. Untuk itu, kita harus mempersiapkan diri dengan baik, ornamen di stand harus menarik, produk unggulan ditampilkan secara total, karena kita membawa nama besar Kabupaten Mimika,” pesan Pj. Bupati.

Ia menambahkan, “Gunakan teknologi, tampilan LCD, dan ada panduan bagi tamu undangan atau pengunjung mengenai Mimika. Saya berharap kita bisa tampil maksimal.”

Koordinator peserta pameran AOE 2023 dari Kabupaten Mimika yakni Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Mimika. Plt. Kepala Bagian Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Altianua Uamang, S.H., M.AP., didampingi PPTK, Ritha Palindang, S.E., M.Si, selaku Kasubag Pembangunan, menjelaskan bahwa pertemuan kali ini untuk berkoordinasi dengan Pj. Bupati Mimika terkait keikutsertaan Kabupaten Mimika pada pameran Apkasi Otonomi Expo 2023.

See also  Babinsa Kandangan Bersama Masyarakat, Kerja Bakti Bersihkan Selokan 

Dikatakannya, produk unggulan Kabupaten Mimika yang akan ditampilkan pada pameran tersebut selain kopi, juga hasil laut seperti udang dan ikan, kemudian produk kerajinan dan pertanian, dengan melibatkan OPD terkait, diantaranya Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan.

AOE 2023 akan dirangkaikan pula dengan Rapat Kerja Nasional Bupati / Walikota seluruh
Indonesia, dimana pameran dan rapat kerja Apkasi dijadwalkan akan dibuka oleh Bapak Presiden RI.(Amatus Rahakbuw/Kelanit)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *