Desa Randupitu Menuju Juara “Dalam Mengikuti Lomba Desa Berseri Tingkat Pratama”

Berita, Daerah, Info374 Views

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Desa Randupitu setelah dinobatkan sebagai juara sebagai desa Berseri katagori ZERO WASTE dari dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pasuruan telah ditunjuk sebagai salah satu peserta dalam lomba desa Berseri Tingkat Pratama bersama 4 desa lainnya.

Berkait dengan perihal tersebut pemdes Randupitu dengan penuh semangat dan all out melakukan persiapan dan kesiapan sebagai peserta desa tingkat Pratama untuk dapat meraih juara pada lomba tersebut.

Dan pada hari Jum’at tanggal (21-06-2024) Pemdes Randupitu mendapat kunjungan Tim verifikasi Desa Berseri Tingkat Pratama dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur Kabid penanganan sampah Bapak Achmad Zaini yang didampingi oleh Ibu Diana dan bapak Fatoni Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pasuruan.

Para pihak yang hadir antara lain Forkompincam Gempol, Babinsa dan Babinkamtibmas, BPD beserta anggotanya, komunitas Pempes, Kim Gempar, TP PKK desa Randupitu dan para pelaku UMKM. Giat dimulai jam 12.45wib – selesai.

Beberapa titik pantau yang diverifikasi antara lain kantor desa Randupitu, Lingkungan RT 01 dan RT 02 / RW 06 dusun Gesing, RT 01 dan RT 02 /RW 11 dusun Babat desa Randupitu, Lokasi pengelolaan Sampah dan Bank Sampah yang ditangani TPS 3 R Pempes.

Sedang beberapa kriteria yang diverifikasi antara lain kebersihan lingkungan kantor desa dan lingkungan ( yang diverifikasi) , penataan tanaman, Isi Hidroponik ( bibit) , Pemanfaatan pekarangan rumah, tempat bak sampah yang ada di depan rumah tiap warga yang telah terpilah antara yang organik dan yang non organik, dan kebersihan lokasi pengolahan dan lokasi Bank Sampah.

Kehadiran tim verifikasi Desa Berseri Tingkat Pratama dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur disambut dengan tari tradisional kreasi modern dari para penari cilik asli warga desa setempat dan memberikan tanda selamat datang dengan mengalungkan slayer batik hasil produk karya para pelaku UMKM khas desa Randupitu.

See also  Polres Fakfak Gelar Anjangsana Dalam Peringati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1445 H / tahun 2023.

Kemudian Tim verifikasi Desa Berseri Tingkat Pratama bersama para undangan dipersilahkan untuk menempati tempat duduk yang telah disediakan.

Dalam sambutan singkat Sekaligus presentasi yang disampaikan oleh kepala desa Randupitu bapak Mochammad Fuad, beliau memaparkan bahwa persoalan sampah rumah tangga adalah persoalan serius kita bersama ya pemerintah desa, pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Pasuruan maupun Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan untuk desa Randupitu ,kami merintis menangani sampah warga desa ini sebelum menjabat sebagai kepala desa Randupitu ketika itu banyak dukanya tapi dengan modal semangat juang 45 ,kami bersama dengan rekan -rekan pemuda peduli sampah ,kami tidak pernah putus asa untuk memberikan pengertian kepada para warga di tiga dusun yakni Babat, Gesing dan Randupitu akhirnya kami dapat meyakinkan kepada warga tentang kebersihan lingkungan dan pola hidup sehat dan kami juga telah melakukan kerja sama dengan PT KCS yang kemudian dibantu satu paket mesin pengelolaan sampah dan dapat mengembangkan beberapa inovasi residu sampah menjadi pupuk kompos dan hasil pilihan sampah sebagai pakan ternak. Tuturnya!!.

Dan untuk kelancaran dan mempercepat memindahkan tumpukan ke mesin pengelolaan sampah kami telah mampu merakit Weight dloler yang kebetulan hingga saat ini belum kami urus hak patennya.
Jelasnya !!

Pemdes Randupitu juga telah mampu meraih beberapa prestasi baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat Provinsi termasuk dalam penanganan sampah rumah tangga hingga meraih sebagai desa Berseri katagori ZERO WASTE dan mendapat kunjungan banyak pemerintah desa dari beberapa kabupaten yang ada di wilayah provinsi Jawa Timur. Tambahnya!!.

Sedang sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh Camat Gempol yang akrab Aba H Komari , beliau menyampaikan bahwa di wilayah kecamatan Gempol adae15 desa yang salah satunya adalah desa Randupitu ,kami selaku camat Gempol sangat bangga dan apresiasi atas capaian prestasi yang telah diraih oleh Pemdes Randupitu termasuk prestasi dalam penanganan sampah yang ada di wilayah desanya sampai banyak desa dari beberapa kabupaten yang ada di wilayah provinsi Jawa Timur melakukan studi tiru di desa Randupitu, Kami tetap berharap kepada bapak kades Mochammad Fuad yang masih muda dan energik ini supaya tetap semangat untuk menyajikan karya nyata demi menyajikan yang terbaik buat warga desa Randupitu terutama untuk sisi peningkatan kualitas hidup warga desanya. Tuturnya!!.

See also  Pemkab Mimika Adakan Konsultasi Publik Penyusunan Masterplan Rawan Bencana

Dan untuk sambutan dari Tim verifikasi dari DLH provinsi Jawa Timur Bapak Achmad Zaini beliau menjelaskan dilaksanakannya lomba desa Berseri ini disamping untuk menangani persoalan sampah yang telah menjadi salah satu persoalan di Republik ini diharapkan dengan ragam langkah kreatif inovatif bisa berdayaguna memberikan maslahat manfaat yang dapat memberikan nilai tambah sisi ekonomi yang berimpact mampu meningkatkan kualitas hidup warga yang ada di tiap desa . Tuturnya!!.

Kemudian acara ditutup dengan doa dan dilanjutkan dengan acara verifikasi lapangan dibeberapa titik pantau yang telah ditentukan dengan naik kendaraan odong -odong dari depan kantor desa Randupitu menuju titik pantau dan kembali ke kantor desa.

Setelah tiba kembali di kantor desa Randupitu ( 21-06-2024) jam 16. 50 wib , Tim media harian merdeka post bersama rekan -rekan media lainnya melakukan konfirmasi kepada Tim verifikasi dari DLH provinsi Jawa Timur bapak Achmad Zaini tentang hasil verifikasi lapangan yang telah dilaksanakan, beliau menjelaskan bahwa desa Randupitu telah memenuhi semua persyaratan yang telah kami verifikasi dan ada poin penting yang merupakan nilai plus dalam pengelolaan sampah yakni Memilih dan memilah sampah,ada satu hal yang kami dapatkan atau temukan ditempat lain adalah bahwa desa Randupitu telah mampu menciptakan mesin Weight dloler hasil karya sendiri. Tuturnya

Kemudian ketika ditanya tentang peluang desa Randupitu dapat meraih juara dengan spontan beliau menjawab sangat berpeluang karena semua persyaratan yang dinilai telah terpenuhi dan penuh kreatif dan inovatif. Jelasnya !!.
( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *