Desa Podorukun Seponti dan Kelurahan Bangka Belitung Darat Juara Pertama lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2024.

Berita, Pemerintah1237 Views

PONTIANAK – Desa Podorukun, Kecamatan Seponti, Kab. Kayong Utara dan Kelurahan Bangka Belitung Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak berhasil meraih juara pertama (Satu) Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 Tingkat Provinsi Klaimantan Barat.

Penetapan pemenang lomba Desa dan Kelurahan tingkat Prov Kalbar Tahun 2024 berdasarkan hasil penilaian yang sudah dilakukan oleh tim penilai, kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno untuk memutuskan;

Juara I (satu) Desa: Desa Podorukun, Kec. Seponti, Kab. Kayong Utara, Juara II (dua) Desa Istana, Kec. Sandai, Kab. Ketapang, dan Juara III (tiga) Desa Tiong Keranjik, Kec. Belimbing Hulu, Kabupaten Melawi.

Sedangkan untuk Kelurahan, Juara I (satu) di raih Kelurahan Bangka Belitung Darat, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, sedangkan Juara II (dua) Kelurahan Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang.

Juara Pertama (Satu) Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi akan diikutsertakan dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional III Sulawesi dan Kalimantan dan akan diikutsertakan dalam Upacara Kenegaraan 17 Agustus 2024 di Istana Merdeka Jakarta.

Kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Kalbar dalam rangka mewujudkan penyelengaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan yang baik serta sebagai salah satu bentuk pembinaan dan pengawasan Pemerintah Provinsi kepada Pemerintah Kabupaten / Kota dan Desa / Kelurahan, perlu dilakukan evaluasi dalam bentuk penjaringan Desa/Kelurahan berprestasi melalui Lomba Desa dan Kelurahan.

Sedangkan maksud dari pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2024 untuk memetakan dan memperoleh Desa dan Kelurahan dengan kinerja terbaik di bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan untuk selanjutnya dijadikan lokasi percontohan (Labsite) sebagai salah satu upaya mengakselerasi pemerataan pembangunan, sekaligus untuk meningkatkan motivasi dalam pengembangan dan penerapan inovasi dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan.

See also  Mulai 2025, Asuransi Kendaraan Bermotor Jadi Kewajiban!

Editor:Andi A/tim hmp

 

Sumber:Diskominfo Kalbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *