Dandim 0821 Lumajang Hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Ke- VIII Tahun 2023 

Harianmerdekapost.com, Lumajang, Jatim – Dandim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., menghadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023, dengan tema ” Jihat Santri Jayakan Negeri” Bertempat di Alun – Alun Lumajang Minggu (22/10/2023).

Ditempat terpisah saat ditemui team pendim, Dandim 0821/Lumajang Mengatakan mengapresiasi semangat para santri, Semoga dengan hari santri ini dapat menginspirasi kepada seluruh khalayak masyarakat, kami juga berharap momentum hari santri ini menjadi sebuah momentum kebangkitan bagi kita untuk senantiasa memperbaiki iman dan akhlak kita semua dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sebagai insan yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai agama, santri selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusiaan adalah esensi ajaran agama. Apalagi di tengah kehidupan Indonesia yang sangat majemuk. Bagi santri, menjaga martabat kemanusiaan juga berarti menjaga Indonesia.

“Santri tidak bisa dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa, kontribusi santri dalam menjaga kondusifitas wilayah sangat besar, sering kali kita berkolaborasi dan bekerjasama dalam menjaga situasi yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengungkapkan, santri memiliki peranan penting dan strategis dalam pengabdian membangun negeri, karena santri adalah kader yang ditempa dan dipersiapkan secara sistematis dan terprogram sejak dini dengan bermodalkan keimanan, ilmu pengetahuan dan berakhlakul karimah.

Buku dan kitab sebagai senjata, pena sebagai tongkat kebijaksanaan, ilmu sebagai cahaya kegelapan, memperdalam ilmu pengetahuan dan menyebar luaskan menjadi tanggung jawab setiap santri sebagai penerus perjuangan para Nabi dan Rosul, para ulama dan kyai, termasuk para pendiri bangsa.

Indah Wahyuni juga mengatakan Pemerintah Kabupaten Lumajang sangat menaruh perhatian kepada para ulama, pondok pesantren termasuk para santri karena pembangunan di Kabupaten Lumajang tidak lepas dari peranan ulama dan santri.

“Kondusifitas wilayah, ketentraman, keamanan dan kerukunan warga, serta keberhasilan pembangunan yang diraih adalah buah dari kerjasama seluruh elemen yang ada, termasuk para ulama dan santri,”pangkasnya (fjr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *