Dalam Memperingati Hari Media Sosial, Olifiansyah Mengingatkan Agar Bijak Dalam Bermedia Sosial

Berita2058 Views

Harianmerdekapost.com, Surabaya, Jatim – Hari Media Sosial diperingati pada 10 Juni setiap tahunnya sebagai upaya untuk meningkatkan edukasi bagaimana bermedia sosial dengan bijak.(12/06/2023).

Peringatan ini menjadi momentum penting agar dapat merefleksikan dan mengajak semua pengguna media sosial di Indonesia untuk menjadi lebih bijak dalam penggunaannya. Berbagai platform media sosial di dunia, Indonesia merupakan peraih popularitas tertinggi, salah satunya adalah Facebook, sebagai salah satu platform media sosial pertama yang dikenal di Indonesia.

Selain itu, berbagai platform media sosial lainnya seperti Instagram, Twitter, YouTube, dan TikTok juga menjadi platform yang rutin dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. Penggunaan media sosial di Indonesia saat ini tidak hanya sebatas untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, tetapi juga sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan berita, bahkan juga terdapat fitur shop yang menyerupai marketplace.

Hal ini memungkinkan masyarakat Indonesia untuk dengan mudah mendapatkan informasi terkini bahkan berbelanja melalui media sosial. Muhammad Olifiansyah, Pimpinan PT. Okin Media Network sekaligus pemilik akun Instagram @bontang_ku menjelaskan agar kita sebagai pemilik media untuk lebih bijak lagi bermedia sosial untuk memilah pemberitaan.

“Saat ini beraneka ragam informasi di media sosial jadi kita harus bijak dalam memilah sebuah informasi agar tidak terjadinya sebuah pemberitaan hoax,” kata Olifiansyah.

Ia juga mengatakan bahwa walaupun banyak informasi di media sosial, ia berharap agar tidak melihat hanya sebuah postingan saja, tetapi langsung mewawancarai narasumber yang bersangkutan.

“Semakin banyaknya informasi di media sosial, kita tidak boleh langsung menyimpulkan di satu sisi, kita harus langsung cari tau kebenarannya,” tambah Olifiansyah.

Disisi lain pergerakan dan perkembangan media sosisl di Indonesia telah memberikan dampak yang signifikan terhadap cara kita berinteraksi dan mendapatkan informasi.

Namun, perlu dipahami bahwa dengan kekuatan itu menjadi sebuah tanggung jawab yang dimiliki. Oleh sebab itulah gunakan media sosial dengan bijak, bertanggung jawab, dan mengutamakan kebaikan agar dapat membangun lingkungan online yang positif dan bermanfaat bagi semua pengguna.

(syt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *