Bimbingan Teknis Kelompok Tani Desa Kepulungan ” ADAPTASI DAN MITIGASI Dalam Menghadapi Perubahan Iklim

Harianmerdekapost.com, Pasuruan, Jatim – Ragam program pemerintah desa adalah sebuah pengejawantahan visi yang dijabarkan dalam misi sosok kepala desa terpilih ketika dilaksanakannya pilihan Kepala desa , begitu pula dengan pelaksanaan program yang telah dijalankan oleh pemerintah desa Kepulungan kecamatan Gempol kabupaten Pasuruan , seperti contoh dengan telah terlaksananya pembangunan ” Wisata Transit Air Panas Wong Pulungan”.

Dan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan sektor perekonomian desa, maka pada hari senen tanggal (30-10-2023) menyelenggarakan giat Bimbingan teknis kepada kelompok tani desa Kepulungan.
Dengan agenda yang bertemakan “ADAPTASI DAN MITIGASI Dalam Menghadapi Perubahan Iklim” .

Giat tersebut dilaksanakan di balai dusun Kabunan dan dimulai jam 19.00 wib -selesai.

Sedang para pihak yang diundang antara lain UPT Proteksi tanaman dan Hortikultura dari dinas pertanian provinsi Jawa Timur bapak Sokhib kabupaten Pasuruan bapak Jaenal Arifin dan Ibu Retno Petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan ( POPT) dimana ketiganya sebagai Narasumber, PPL kecamatan Gempol, kordinator pendamping desa kecamatan Gempol dan desa Kepulungan, Babinsa dan Babinkamtibmas, Kordinator Youth Enterpreneur ship Support Services (YESS) atau petani muda, dan 5 kelompok tani desa Kepulungan yakni Harapan Jaya dusun Kabunan, Sumber Rejeki Betas, Tugu sari dusun Tugu sari, kelompok tani kajang 1 dan 2 dusun Kajang dengan total peserta 130 orang petani.

Dalam sambutan singkat yang telah disampaikan oleh Bapak Eko Subakti selaku koordinator pendamping desa kecamatan Gempol pada intinya menyampaikan bahwa lahan sektor pertanian semakin berkurang dimana salah satu indikatornya adalah semakin meningkatnya populasi manusia dan dengan adanya giat bimbingan teknis kepada para pejuang pangan yakni para petani desa Kepulungan di harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di wilayah desa Kepulungan. Tuturnya!!.

Sedang sambutan arahan singkat yang telah disampaikan oleh kepala desa Kepulungan Bapak Didik Hartono bahwa hanya pemdes Kepulungan yang melakukan bimtek kepada kelompok tani dengan dasar dan tujuan demi meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di desa Kepulungan dan sebagai landasan dari pelaksanaan program ketahanan pangan adalah merupakan salah satu misi kami nomor 4 ketika mencalonkan diri sebagai kepala desa Kepulungan ( 3 tahun yang lalu) yang kami aplikasikan pada program kerja pemdes Kepulungan.
Dan harapan kami dalam rangka meningkatkan kesejahteraan kelompok tani di desa Kepulungan pada musim penghujan supaya memanfaatkan bantaran sungai yang ada untuk ditanami buah -buahan . Tuturnya!!.

Sedang materi yang telah disampaikan oleh para Narasumber baik yang dari dinas pertanian provinsi Jawa Timur dan kabupaten Pasuruan yang berkait dengan dampak iklim dan bagaimana cara menyikapinya hingga kelompok tani secara cepat mampu melakukan cegah dini serta dengan segera dapat mencari solusi. Jelasnya !!.
( Budhi H).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *