Berikan Kemudahan Kepada Masyarakat, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep Berlakukan Transaksi Nontunai

Berita, Daerah529 Views

Harianmerdekapost.com – Sumenep, Madura, Jawa Timur – RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus melakukan berbagai inovasi guna memberikan palayanan-pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Rumah sakit pelat merah itu dalam setiap tahunnya.

Terbaru, RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep luncurkan program pembayaran tarif pelayanan kesehatan secara nontunai.

Progranm pembayaran nontunai tersebut diterapkan mulai Selasa, 10 Oktober 2023 kemarin ditandai dengan pemasangan banner pemberitahuan di RSUD Sumenep.

“Jadi mulai sekarang masyarakat yang berobat ke RSUD Sumenep ini tidak perlu repot melakukan pembayaran uang tunai. Transaksi nontunai ini diterapkan untuk seluruh pelayanan tanpa terkecuali,” kata Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr. Erliyati, Rabu, 11 Oktober 2023

Menurut dr. Erliyati, pemberlakuan pembayaran tarif pelayanan kesehatan secara nontunai di rumah sakit pelat merah itu merupakan upaya Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Diakuinya, penerapan ETPD tersebut dilakukan dengn tujuan meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan.

“Jadi melalui program tersebut pengelolaan keuangan pemerintah daerah bisa menjadi lebih efisien, akuntabel dan transparan,” terangnya.

Lebih lanjut dr. Erliyati menjelaskan, Penerapan pembayaran tarif pelayanan kesehatan secara nontunai di RSUD Sumenep berdasar Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (SP2DD).

“Ini merupakan langkah Pemerintah dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan daerah, dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi serta penguatan perekonomian nasional dan daerah melalui ETPD,” terang dokter Erli.

Lalu bagaimana dengan masyarakat yang masih membayar secara tunai?

dr. Erliyati mengaku pelayanan pembayaran secara tunai alias uang cash masih tetap diberlakukan.

“Nanti langsung diproses transfer melalui VA (virtual account) atau transaksi pakai kode pembayaran,” jelas dokter Erli.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tidak perlu risau meski transaksi pembayaran secara nontunai akan diterapkan secara wajib. Karena, Pihak RSUD telah menyiapkan petugas yang siap membantu

“Bagi yang belum punya m-banking atau rekening, petugas kami sudah siap membantu. Sebab, prinsip pelayanan kami sama persis seperti visi-misi Pak Bupati, Bismillah Melayani,” tegas dokter Erli.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *